Kamis 01 Jun 2023 15:08 WIB

Peringati Hari Lahir Pancasila, PJ Gubernur Babel Ajak Masyarakat Memelihara Persatuan

Peringatan Hari Lahir Pancasila dilakukan di Jembatan Emas Timur Pangkalpinang.

Penjabat (Pj) Gubernur Kep Babel Suganda Pandapotan Pasaribu saat memperingati Hari Lahir Pancasila di Jembatan Emas Lintas Timur Pangkalpinang, Babel.
Foto: Dok. Pemprov Babel
Penjabat (Pj) Gubernur Kep Babel Suganda Pandapotan Pasaribu saat memperingati Hari Lahir Pancasila di Jembatan Emas Lintas Timur Pangkalpinang, Babel.

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKALPINANG -- Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Jembatan Emas Lintas Timur Pangkalpinang, Kamis (1/6/23). Hadir sebagai inspektur upacara, Penjabat (Pj) Gubernur Kep Babel Suganda Pandapotan Pasaribu, yang dalam sambutannya mengingatkan peserta upacara akan makna luar biasa dibalik peringatan Hari Lahir Pancasila.

"Peringatan hari lahir pancasila merupakan momen untuk mengenang, menghormati, sekaligus menghargai perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan dasar negara Indonesia. Kita sebagai generasi penerus bangsa harus dapat memaknai pancasila sebagai dasar negara dan sebagai landasan berperilaku dalam kehidupan bermasyarakat," ujar Pj Gubernur Suganda, dalam keterangan tertulis, Kamis.

Baca Juga

Pj Gubernur Suganda juga memberikan apresiasi atas terlaksananya upacara peringatan Hari Lahirnya Pancasila pagi ini. Melalui kegiatan upacara ini, rasa kebersamaan, rasa persatuan, jalinan silahturahmi dan rasa cinta terhadap tanah air dapat dijaga dan dipelihara selamanya.

Dalam kesempatan ini, Pj Gubernur Suganda memperkenalkan salah satu program Pemprov Kep Babel, yaitu program Gule Kabung (Gubernur Langsung Eksekusi Kerja Bersama Membangun Bangka Belitung). Program ini dijelaskankannya diciptakan bersama, bukan hanya sebagai program provinsi saja, tetapi juga program semua instansi vertikal yang ada di Prov Kep Bangka Belitung, sebagai bentuk kehadiran Pemerintah untuk hadir dan terhubung secara langsung dengan masyarakat guna memahami kebutuhan dan aspirasi masyarakat.

photo
Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Jembatan Emas Lintas Timur Pangkalpinang, Kamis (1/6/23). - (Dok. Pemprov Babel)

"Saya akan berkeliling didampingi Kepala Perangkat Daerah dan Forkopimda serta Instansi Vertikal untuk mendengar aspirasi langsung dari masyarakat," katanya.

"Kita sinergikan semua tugas-tugas, sehingga tidak lagi jalan sendiri-sendiri tetapi menyatu menjadi Satu Program Besar untuk keluar dari masalah Stunting, Kemiskinan dan juga Inflasi di Bangka Belitung," tambahnya.

Dirinya mengharapkan melalui program GULE KABUNG ini, dapat secara langsung menjawab solusi apa saja sebagai tindak lanjut dari aspirasi masyarakat Bangka Belitung. Dalam rangkaian upacara ini juga, dibacakan ikrar netralitas ASN pada Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024, serta penandatangan pakta integritas secara simbolis sebagai wujud komitmen kenetralitasan ASN dalam pelaksanaan Pemilu serentak 2024 yang akan datang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement