Kamis 25 May 2023 09:40 WIB

Geopark Maros Pangkep Ditetapkan Jadi Global Geopark UNESCO

Geopark Maros Pangkep masuk jaringan Global Geoparks Network.

Sejumlah wisatawan naik ke atas perahu di dermaga Rammang-Rammang yang berada di dalam kawasan Geopark Maros-Pagkep di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Sabtu (5/11/2022). Geopark tersebut telah disetujui dan direkomendasikan sebagai anggota baru  UNESCO Global Geopark melalui rapat Dewan Council Geopark UNESCO di Thailan pada 5 Sptember 2022 dan penetapan resminya akan dilaksanakan di Paris, Prancis pada Maret 2023.
Foto: ANTARA FOTO/Arnas Padda
Sejumlah wisatawan naik ke atas perahu di dermaga Rammang-Rammang yang berada di dalam kawasan Geopark Maros-Pagkep di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Sabtu (5/11/2022). Geopark tersebut telah disetujui dan direkomendasikan sebagai anggota baru UNESCO Global Geopark melalui rapat Dewan Council Geopark UNESCO di Thailan pada 5 Sptember 2022 dan penetapan resminya akan dilaksanakan di Paris, Prancis pada Maret 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- UNESCO menetapkan Geopark Maros Pangkep menjadi Maros Pangkep UNESCO Global Geopark. Geopark Maros Pangkep pun masuk jaringan Global Geoparks Network bersama 17 geopark lainnya di dunia.

"Alhamdulillah, Maros Pangkep UNESCO Global Geopark secara resmi ditetapkan oleh UNESCO pada sidang Dewan Eksekutif UNESCO ke-216 di Paris, Prancis," kata Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, di Makassar, Kamis (25/5/2023).

Baca Juga

Andi mengatakan pencapaian ini berasal dari kerja keras dan kolaborasi Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Kabupaten Maros, Kabupaten Pangkep, Badan Pengelola Geopark Maros Pangkep, dan seluruh pihak berkepentingan yang berada di bawah naungan Badan Pengelola Geopark Maros Pangkep.

"Mari bersama menjaga sekaligus sebagai daya tarik tersendiri bagi kepariwisataan di Sulawesi Selatan," ujarnya.

Bagi Pemprov Sulsel, ini adalah pencapaian luar biasa dari Pemerintah Maros, Pangkep dan Badan Pengelola Geopark. Sebab, hasil dari bentuk kolaborasi yang telah digaungkan jadi prioritas pemerintah sejak diinisiasi tahun 2015, 2018 menjadi nasional Geopark, dan 2023 menjadi Geopark dunia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement