Rabu 24 May 2023 17:58 WIB

Tambah Pengetahuan, Jamaah lkuti Pelatihan Tahtim-Tahlil dari Usbat di Medan

Mereka tampak antusias penyampaian materi oleh relawan.

Pelatihan tahtim dan tahlil untuk jamaah Majelis Taklim Mujahidah di Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan, Sumut.
Foto: Dok. Web
Pelatihan tahtim dan tahlil untuk jamaah Majelis Taklim Mujahidah di Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan, Sumut.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Relawan yang tergabung dalam Ustaz Sahabat (Usbat) Sumatra Utara (Sumut) kembali menggelar pelatihan keagamaan. Kali ini, relawan Usbat Sumut mengadakan pelatihan tahtim dan tahlil untuk jamaah Majelis Taklim Mujahidah di Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan, Sumut. 

Ratusan jamaah majelis ikut serta dalam pelatihan yang dihelat pada Selasa (23/5/2023) tersebut. Mereka tampak antusias penyampaian materi oleh relawan. 

Baca Juga

Koordinator Daerah Usbat Ganjar Medan, Muhammad Nizar Nur mengatakan pelatihan tahtim dan tahlil cukup penting untuk menambah pengetahuan para jamaah. 

"Tahtim itu belajar membaca Alquran, kemudian tahlil itu untuk membiasakan diri bagi umat Islam agar kita terus melafalkan kalimat-kalimat thayyibah dalam kehidupan," kata dia dilansir pada Rabu (24/5/2023).. 

Dalam pelatihan itu, pemateri dari relawan Usbat mengedukasi para jamaah dengan mengoreksi beberapa bacaan dalam kitab Alquran yang biasa dibaca salah secara tajwid. 

"Kalau kami lihat dari perspektif mana pun, betapa pentingnya kita untuk belajar tahtim dan tahlil ini," kata Nizar. 

Dalam silaturahminya selamat Majelis Taklim Mujahidah, relawan Usbat juga menyerahkan bantuan pengeras suara dan tikar kepada para jamaah. Diharapkan, bantuan ini bisa dimanfaatkan para jamaah untuk menggelar berbagai kegiatan majelis. 

Nizar melanjutkan, pihaknya akan terus melanjutkan program-program pelatihan keagamaan di wilayah lainnya di Sumatra Utara. 

Ketua Majelis Taklim Mujahidah, Laili Nur mengapresiasi bantuan pengeras suara dan tikar yang diberikan relawan Usbat Ganjar. Bantuan dari Usbat menjawab kebutuhan jamaah majelis. 

"Selama ini kami kan belum ada sound system, kadang pinjam, kadang enggak pakai sound system sama sekali," kata Laili. 

Dia juga menyambut baik digelarnya pelatihan tahtim dan tahlil di wilayahnya. Dia mengaku banyak para jamaah yang belum begitu paham konsep tahtim dan tahlil. 

"Sehingga dengan pembelajaran ini kami merasa bermanfaat sekali untuk ke depannya. Kami berterima kasih kepada Usbat yang mengahari kami soal tahtim dan tahlil ini," syukurnya.

Sebelumnya, Usbat juga menyambangi Desa Tanjung Sari, Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang, pada Kamis (18/5/2023) untuk melihat kondisi sarana wudu bagi jamaah Musala Al Mukhlasin An Nahdli. Pendukung Ganjar Pranowo ini sekaligus mengadakan kegiatan halalbihalal dan temu ramah bersama warga setempat.

Koordinator Daerah (Korda) Usbat Ganjar Deli Serdang Ahmad Thalhah menyatakan bahwa pihaknya mendengar keluhan dari jamaah di wilayah ini terkait kurang layaknya sarana wudu untuk mereka melaksanakan salat berjamaah di Musala Al Mukhlasin An Nahdli.

"Kegiatan ini kami lakukan karena mendapat informasi dari ketua pengurus musala bahwa di musala ini tempat wudunya kurang memadai. Jadi, Usbat Ganjar berinisiaif memberikan bantuan untuk renovasi kepada musala ini," ujarnya, demikian dilansir dari Antara

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement