Rabu 24 May 2023 13:58 WIB

7 Prodi Kuliah Favorit dengan Karier Menjanjikan 

Menentukan pilihan jurusan kuliah yang tepat tentunya menjadi salah satu hal penting.

Menentukan pilihan jurusan kuliah yang tepat tentunya menjadi salah satu hal penting dalam menentukan karier.
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Menentukan pilihan jurusan kuliah yang tepat tentunya menjadi salah satu hal penting dalam menentukan karier.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menentukan pilihan jurusan kuliah yang tepat tentunya menjadi salah satu hal yang penting bagi para lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat yang ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Saat ini telah tersedia banyak pilihan jurusan yang ada di perguruan tinggi baik di perguruan tinggi negeri ataupun perguruan Tinggi Swasta. Tentunya dalam memilih jurusan kuliah tidak hanya melihat dari sisi banyak peminatnya, akan tetapi dapat dilihat juga dari prospek ke depan setelah lulus kuliah. 

Untuk membantu para calon mahasiswa baru yang akan kuliah, berikut deretan tujuh program studi favorit di perguruan tinggi dengan karier menjanjikan:

Baca Juga

 1. Perhotelan 

Dengan terus bertumbuhnya pariwisata di Indonesia dan Dunia, tentunya memberikan dampak positif bagi dunia perhotelan. Hal ini tentunya memberikan dampak terhadap kebutuhan akan SDM dibidang perhotelan, sehingga bagi lulusan perhotelan akan menjadi peluang besar untuk sukses berkarier dibidang perhotelan. Beberapa kampus terdapat jurusan Perhotelan seperti UGM, UNAIR, Politeknik Negeri Bali, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Yogyakarta, Universitas Telkom, Binus.

 

 2. Farmasi 

Lulusan Jurusan Farmasi akan bekerja di balik layar untuk mengidentifikasi, meracik hingga menganalisis obat-obatan yang cocok dengan standar kelayakan kesehatan. Nah, karena tugasnya tersebut, maka lulusan jurusan ini akan selalu dibutuhkan guna menyediakan asupan obat yang dapat menjaga kesehatan dan menyembuhkan orang sakit. Beberapa kampus dengan jurusan Farmasi, seperti UI, UNAIR, UGM, UNPAD, Universitas Brawijaya dan kampus-kampus lainnya. 

 3. Ilmu Hukum 

ilmu hukum memang merupakan disiplin ilmu yang tidak akan lekang oleh perkembangan zaman. Lulusan dari jurusan Hukum juga akan terus dibutuhkan di berbagai bidang, karena ilmu hukum akan selalu mengikuti perkembangan dunia. Maka dari itu, biasanya lulusan Hukum tidak akan terlalu kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan. Beberapa kampus yang terdapat jurusan hukum seperti di UI, UGM, UNDIP, UNPAD dan kampus –kampus lainnya.

 4. Sistem Informasi 

Mahasiswa jurusan ini akan belajar ilmu komputer, manajemen, dan bisnis untuk merancang sistem yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Sistem Informasi cocok buat kamu yang ingin belajar pengaplikasikan ilmu IPA dan IPS secara gabungan. Sistem Informasi bisa ditemui di beberapa kampus seperti UI, ITS, Binus University, Universitas BSI, Gunadarma, UNAIR dan banyak lagi lainnya.

 5. Ilmu Komunikasi 

Jurusan Ilmu Komunikasi adalah studi yang mempelajari proses penyampaian pesan secara efektif dari komunikator (pemberi pesan) kepada komunikan (penerima pesan) melalui berbagai media. Pada jurusan ini kamu akan mempelajari komunikasi dalam berbagai tingkatan, mulai dari individu, media, periklanan/publisitas, komunikasi interkultural, hingga komunikasi media sosial. Sehingga lulusan jurusan komunikasi tentunya memiliki peluang karier yang menjanjikan. Beberapa kampus tersedia jurusan ilmu komunikasi baik di kampus negeri maupun swasta seperti di kampus UNDIP, UGM, UI, UNAIR , Universitas BSI, Binus, Univ Atmajaya.

 6. Kedokteran 

Kedokteran sudah menjadi salah satu jurusan paling favorit sejak zaman dahulu. Keahlian yang dimiliki lulusan Kedokteran akan selalu dibutuhkan manusia. Sehingga Jurusan Kedokteran juga masuk dalam jurusan yang menjanjikan dan bisa jadi pilihan calon mahasiswa. Beberapa kampus dengan jurusan kedokteran seperti UGM, UNPAD, UNAIR, UNHAS, dan beberapa kampus lainnya. 

 7. Teknik Industri 

Jurusan yang banyak dicari perusahaan selanjutnya adalah teknik industri. Para lulusan Teknik industri punya keahlian dalam proses perancangan, perencanaan, modifikasi, pengendalian, serta peningkatan kinerja sistem dalam sebuah perusahaan. Selain itu, ilmu tersebut juga bisa diintegrasikan dengan beragam ilmu disiplin lainnya seperti matematika, fisika, analisis desain teknik, serta ilmu komputer. Beberapa kampus terdapat jurusan teknik industri antara lain, UGM, UI, UNDIP, ITB, BINUS, Universitas BSI, Univ Esa Unggul, dan beberapa kampus lainnya. 

Sardiarinto selaku Marketing dan Komunikasi Universitas BSI kampus Yogyakarta mengatakan Universitas BSI melalui Program Studi (prodi) Perhotelan berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang berkompeten di bidang perhotelan serta berjiwa enterpreneur.

“Memilih jurusan urusan perhotelan sangat cocok untuk generasi milenial yang memiliki jiwa travelling dan mencintai dunia pariwisata. Selama kuliah nanti mahasiswa perhotelan akan dilatih untuk mengembangkan keterampilan dan memiliki kompetensi di bidang perhotelan sehingga dapat bersaing di dunia industri. Universitas BSI sendiri membekali mahasiswa dengan uji kompetensi seperti front office, housekeeping, food and beverage service dan food product,” jelasnya.

Untuk link pendaftaran dapat mengunjungi laman https://pendaftaran.bsi.ac.id atau melalui aplikasi mobile PMB Universitas BSI  yang dapat diunduh di Google Play Store.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement