Senin 22 May 2023 16:05 WIB

Pemanggilan Gibran Bukti PDIP Khawatirkan Manuver Relawan Jokowi

Ada kesan ketidaksolidan di internal PDIP dalam mendukung Ganjar sebagai capres.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka usai mengelar pertemuan di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Senin (22/5/2023). Gibran Rakabuming Raka dimintai klarifikasi oleh PDIP terkait pertemuan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan relawan Jokowi di Solo.
Foto: Republika/Prayogi
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka usai mengelar pertemuan di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Senin (22/5/2023). Gibran Rakabuming Raka dimintai klarifikasi oleh PDIP terkait pertemuan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan relawan Jokowi di Solo.

REPUBLIKA.CO.ID, oleh M Noor Afian Choir, Nawir Arsyad Akbar, Fauziah Mursid

Perwakilan relawan Joko Widodo (Jokowi) se-Jateng dan Jatim pada akhir pekan lalu membuat kejutan dengan menyatakan dukungan mereka kepada Ketua Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) di Pilpres 2024. Dukungan itu diberikan saat mereka bertemu di Angkringan Omah Semar, Solo, yang juga dihadiri putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.

Baca Juga

Salah satu koordinator relawan, Kuat Hermawan setelah memperkenalkan relawan yang hadir kepada Prabowo, menyatakan dukungan untuk dirinya. "Saya sampaikan kawan-kawan relawan ini mendukung bapak," kata Kuat, Jumat (29/5/2023). 

Pihaknya juga mengeklaim, dari hasil pendataan sudah ada puluhan ribu relawan yang ikut mendukung Prabowo. Ia menjelaskan relawan tersebut berasal dari Pantura, Jawa Tengah dan Jawa Timur. 

"Kawan-kawan kemarin yang dari Pantura Jawa Tengah sama Jawa Timur pendataan sudah 23 ribu relawan sampai tingkat RW, teman-teman Jawa Tengah Jawa Timur mohon izin tidak bisa hadir karena keterbatasan tempat. Seharusnya yang hadir kemarin itu 100 korlap," katanya mengakhiri. 

Prabowo mengaku kaget karena relawan Jokowi se-Jateng dan Jatim serta relawan Gibran menyatakan dukungan kepada dirinya. Prabowo mengungkapkan bahwa sebenarnya kedatangannya untuk menyambung tali silaturahmi dengan putra sulung presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.

"Terus terang saya kaget terus terang maksud saya datang untuk melanjutkan ikatan silaturahmi, ikatan persahabatan sama mas Gibran, mas Gibran sudah datang ke tempat saya saya sudah ditempat beliau dan selanjutnya," kata Prabowo.

"Saya kaget kok demikian dikatakan bahwa saudara-saudara sudah mendukung saya, Saya kira ini tentunya suatu kehormatan yang besar sekaligus suatu tantangan. Karena kalau orang mendukung berarti dia mendukung dengan alasan-alasan tertentu. Tantangannya adalah apakah kita yang didukung mampu atau tidak memenuhi dan menjawab harapan-harapan bapak-bapak ibu-ibu sekalian," katanya. 

Buntut pertemuan dengan Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan sejumlah relawan Jokowi Se-Jateng dan Jatim itu, Gibran kemudian dipanggil oleh Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto ke Jakarta. Gibran diminta menghadap ke DPP PDIP pada Senin (22/5/2023).

"(Respons partai?) Bukan teguran tapi saya hari Senin pagi saya menghadap ke DPP, eh dipanggil," kata Gibran ketika ditemui di benteng Vastenburg, Sabtu (20/5/2023). 

 

 

In Picture: Klarifikasi Gibran Rakabuming Raka dengan PDIP

photo
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (kiri) bersama Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (kanan) bersiap memberi keterangan pers usai pertemuan di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Senin (22/5/2023). Gibran Rakabuming Raka dimintai klarifikasi oleh PDIP terkait pertemuan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan relawan Jokowi di Solo. - (Republika/Prayogi)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement