Ahad 21 May 2023 13:30 WIB

Penangkapan Johnny Plate Diduga Akibat Persaingan Antarpartai Pendukung Jokowi

Fickar menyebut penyalahgunaan anggaran terjadi di setiap proyek kementerian.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Agus raharjo
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengenakan rompi tahanan usai menjalani pemeriksaan di gedung Jampidsus Kejaksaan Agung, Jakarta, Rabu (17/5/2023).
Foto:

Nasdem Makin Teguh Dukung Anies Baswedan

Pengamat Politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Andriadi Achmad menilai konsekuensi yang dihadapi Partai Nasdem usai berbeda pilihan politik dengan pemerintahan justru makin meneguhkan partai besutan Surya Paloh itu untuk mendukung Anies Baswedan.

Hal ini, kata Andriadi, karena sulit melepaskan bayang-bayang realitas politik panasnya hubungan antara Megawati Soekarnoputri, Joko Widodo dan Surya Paloh dalam penetapan Johnny G Plate sebagai tersangka.

"Justru adanya ujian berat tersebut semakin mengokohkan dan menyolidkan partai Nasdem ke depan dalam memuluskan dan mengantarkan Anies Baswedan pada kontestasi Pilpres 2024," ujar Andriadi dalam keterangannya, Jumat (19/5/2023).

Apalagi, kata Andriadi, Partai Demokrat dan PKS menyatakan masih tetap solid berada dalam Koalisi Perubahan dan Persatuan (KPP).

Direktur Eksekutif Nusantara Institute Political Communication Studies and Research Centre (PolCom SRC) ini mengakui relasi antara Anies Baswedan dan Partai Nasdem semakin membaik. Namun demikian, intensitas ini kedekatan ini harus dibayar dengan harga yang mahal yaitu mulai renggangnya hubungan antara PDIP (Megawati) dan Partai Nasdem (Surya Paloh).

"Hubungan antara Megawati-Jokowi (PDIP) dan Surya Paloh (Partai Nasdem) semakin memanas sejak dideklarasinya Anies Baswedan sebagai capres 2024 oleh partai Nasdem pada oktober 2022 lalu," katanya.

Hingga saat ini menteri dari Nasdem masih berada dalam kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma'ruf. Surya Paloh juga beberapa kali menyatakan Partai Nasdem akan terus berkomitmen untuk mendukung Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement