Senin 15 May 2023 23:56 WIB

Astra Bangun Gedung Sekolah Baru dan Gelar Festival Generasi Cerdas di Rote Ndao

Perbaikan gedung serta fasilitas sekolah bagian kampanye Ciptakan Generasi Cerdas

 Astra melalui Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim (YPA-MDR) meresmikan renovasi dan pembangunan sekolah di Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur, Senin (15/50203) serta mengadakan perlombaan akademis dan non akademis sebagai bagian dari rangkaian acara Festival Generasi Cerdas yang telah dimulai sejak bulan April[ lalu, di seluruh sekolah yang berada di Kabupaten Rote Ndao.
Foto: dok Astra
Astra melalui Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim (YPA-MDR) meresmikan renovasi dan pembangunan sekolah di Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur, Senin (15/50203) serta mengadakan perlombaan akademis dan non akademis sebagai bagian dari rangkaian acara Festival Generasi Cerdas yang telah dimulai sejak bulan April[ lalu, di seluruh sekolah yang berada di Kabupaten Rote Ndao.

REPUBLIKA.CO.ID, ROTE NDAO -- Astra melalui Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim (YPA-MDR) meresmikan renovasi dan pembangunan sekolah di Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur, Senin (15/50203) serta mengadakan perlombaan akademis dan non akademis sebagai bagian dari rangkaian acara Festival Generasi Cerdas yang telah dimulai sejak bulan April[ lalu, di seluruh sekolah yang berada di Kabupaten Rote Ndao.

Acara ini sebagai upaya YPA-MDR dalam kampanye "Ciptakan Generasi Cerdas Masa Depan Indonesia" untuk sekolah binaan YPA-MDR dan non binaan di Rote Ndao.

Turut hadir dalam Peresmian Gedung Sekolah dan Festival Generasi Cerdas PLT Kepala Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi NTT Damita Limbu, Bupati Rote Ndao Paulina Haning Bullu,  Direktur Astra Gita Tiffani Boer, Chief Of Corporate Affairs Astra, Riza Deliansyah, Ketua Pengurus YPA-MDR Herawati Prasetyo beserta jajarannya.

Direktur Astra Gita Tiffani Boer mengatakan Astra melalui YPA-MDR akan terus mengembangkan pendidikan di daerah tertinggal, kolaborasi dan perkuat sinergi dengan pemerintah pusat dan pemerintah daerah serta orang tua yang tergabung dalam komite agar dapat meningkatkan kualitas pendidikan.

Sementara Bupati Rote Paulina Haning mengapresiasi atas program Astra di Rote Barat, terutama fokus dalam memberikan fasilitas pendidikan sesuai dengan standar pelayanan minimum serta memberikan pendampingan peningkatan kompetensi. Hal ini dilakukan demi kemajuan pendidikan di Kabupaten Rote Ndao. "Semua siswa siswi saat ini dapat merasakan kesempatan yang sama dan layak dalam menerima pendidikan,” ujar Bupati Rote Paulina Haning Bullu.

Ketua Pengurus YPA-MDR Herawati Prasetyo mengatakan, sekolah tersebut diresmikan setelah sebelumnya dilakukan pembangunan renovasi serta penambahan fasilitas penunjang kegiatan belajar mengajar sesuai dengan Standar Pelayanan Minimum Pendidikan. Hal itu seperti ruang kepala sekolah, ruang guru, ruang kelas,  ruang tata usaha, ruang komputer, ruang UKS, aula, kantin, perpustakaan, lopo belajar, beranda tenun & toilet.

Secara khusus Rote Ndao memiliki kebijakan tersendiri dimana bantuan sarana prasarana bersamaan dengan bantuan pembinaan akademis dan non akademis, hal ini terkait Program Akselerasi sekolah menuju kemandirian dan unggul.

Dengan mengusung Rote Kecamatan Cerdas Berprestasi kami berharap nantinya sekolah binaan dari YPA-MDR dapat mengimbaskan kepada sekolah yang ada disekitarnya sehingga program yang diberikan bisa bermanfaat bagi sekolah lain.

Festival Generasi Cerdas

Festival Generasi Cerdas mengajak seluruh masyarakat Rote Ndao untuk mendorong semangat para Guru dan Siswa agar terus berkarya dan mempunyai kemauan untuk berkompetisi ke lomba yang lebih bergengsi yang diadakan oleh pihak Dinas Pendidikan atau Kementerian baik skala Nasional atau Internasional.

Penyelenggaraan Festival Generasi Cerdas membuka kesempatan pada sekolah binaan dan non binaan di Rote Ndao untuk bisa berkontribusi mengikuti rangkaian lomba serta pesta rakyat bertema pendidikan.

Astra melalui YPA-MDR optimis dalam meningkatkan kualitas Pendidikan yang inklusif dan merata di seluruh pelosok negeri melalui kontribusi berkelanjutan dalam bidang Pendidikan. Hal ini  sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa dan mendukung Sustainable Development Goals Indonesia.

YPA-MDR berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam memajukan pendidikan Indonesia di wilayah tertinggal melalui pola pembinaan empat pilar yaitu akademi, karakter, seni budaya dan kecakapan hidup yang adaptif, inovatif dan berdampak. Hingga saat ini pembinaan sudah dilakukan kepada  2.010 guru dan 27.268 siswa. 

Program bantuan pendidikan YPA-MDR telah menyentuh 121 sekolah jenjang SD, SMP dan SMK sebagai konsep Sekolah Eskalator dan tersebar di 14 Kabupaten  yang berada di Provinsi Lampung, Banten, Jawa Barat, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Tengah dan Nusa Tenggara Timur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement