Jumat 12 May 2023 16:45 WIB

PDIP Pecat Murad Ismail, PAN Siapkan 'Karpet Biru' Jika Mau Bergabung

PDIP melarang suami istri beda partai, sedangkan istri Murad Ismail pindah ke PAN.

Rep: Febryan A/ Red: Erik Purnama Putra
Gubernur Maluku Irjen (Purn) Murad Ismail
Foto: Dok Pemprov Maluku
Gubernur Maluku Irjen (Purn) Murad Ismail

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan atau Zulhas membuka pintu bagi Gubernur Maluku Irjen (Purn) Murad Ismail jika ingin bergabung dengan PAN. Murad merupakan eks ketua DPD PDIP Provinsi Maluku yang sebelumnya dipecat dari jabatannya karena istrinya bergabung dengan PAN.

"Tentu kita kasih karpet biru bagi siapa pun yang ingin berjuang bersama PAN, berjuang untuk rakyat," kata Zulhas merespons pertanyaan wartawan soal kemungkinan mengundang Murad untuk menjadi kader PAN, di kantor KPU RI, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (12/5/2023).

Ketika dikonfirmasi ulang perihal ada atau tidaknya komunikasi antara PAN dan Murad, Zulhas menyampaikan jawaban serupa. "Siapa saja yang ingin berbuat untuk nusa dan bangsa, dari mana pun bergabung dengan PAN, asal sungguh-sungguh bantu rakyat, oke, kita beri karpet biru," katanya.

Sebelumnya, istri Murad bernama Widya Pratiwi yang merupakan Wakil Ketua DPD PDIP Maluku menyeberang ke PAN sehubungan dengan niatnya maju dalam pemilihan calon anggota legislatif pada Pemilu 2024. Setelah itu, DPP PDIP memecat Murad dari jabatan ketua DPD PDIP Maluku.

 

PDIP mengeklaim telah melakukan pemecatan karena Murad bersikap tidak terpuji dan emosional ketika dimintai klarifikasi soal kabar istrinya, Widya Pratiwi, menyeberang ke PAN. DPP PDIP melakukan klarifikasi karena punya aturan bahwa suami-istri tidak boleh berbeda partai.

"PDIP memiliki aturan partai bahwa suami istri tidak boleh berbeda partai. Namun, ternyata Pak Murad malah menunjukkan sikap emosional di hadapan Pak Djarot Syaiful Hidayat yang dikenal sebagai sosok yang santun, sosok pendengar, dan selalu mencari solusi dengan cara musyawarah," ujar Ketua DPP PDIP Bidang Perempuan Sri Rahayu, Selasa (9/5/2023).

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement