Jumat 12 May 2023 14:02 WIB

KPN Fikom UMB Fokus Tingkatkan Potensi Wisata Desa Bojongkoneng Baduy

Mahasiswa memberikan pengetahuan dan pelatihan praktis komunikasi dan pariwisata.

Kegiatan KPN Fikom UMB mengusung tema Meningkatkan Kemampuan Masyarakat dalam Bidang Komunikasi & Pariwisata digelar pada, Ahad (7/5/2023), di Desa Bojongkoneng, Baduy, Banten.
Foto: Istimewa
Kegiatan KPN Fikom UMB mengusung tema Meningkatkan Kemampuan Masyarakat dalam Bidang Komunikasi & Pariwisata digelar pada, Ahad (7/5/2023), di Desa Bojongkoneng, Baduy, Banten.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas Mercu Buana (UMB) kembali menggelar kegiatan pengabdian masyarakat bertajuk Kuliah Peduli Negeri (KPN). Pengabdian masyarakat yang dilakukan mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi UMB tersebut digelar di Desa Bojongmenteng, dekat dengan Kampung Wisata Baduy Banten.

Kegiatan yang mengusung tema 'Meningkatkan Kemampuan Masyarakat dalam Bidang Komunikasi & Pariwisata' itu digelar pada, Ahad (7/5/2023). Peserta dalam kegiatan tersebut menjangkau cakupan yang cukup luas mulai dari siswa SD, SMP, SMK, ibu PKK, pelaku UMKM, para guru PAUD, posyandu, perwakilan RT, karang taruna, dan Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata).

Dalam kegiatan ini, mahasiswa memberikan pengetahuan dan pelatihan praktis dalam bidang komunikasi dan pariwisata. Pelaksanaan pengabdian dilakukan dengan membagi enam kelas yang diikuti masyarakat Desa Bojongmenteng. Keenam kelas tersebut yaitu Keterampilan Komunikasi untuk Profesional Pariwisata, Menangkal Informasi Hoaks dan Konten Negatif, Teknik Vlog Untuk Pemula, Komunikasi dan Management Pariwisata, Fotografi Produk menggunakan alat sederhana dan smartphone, serta Social Media for Branding & Business.

"Masyarakat sangat senang bisa berpartisipasi dalam kegiatan ini. Kami berharap kegiatan yang berkelanjutan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Desa Bojongmenteng dan meningkatkan kemampuan mereka dalam bidang komunikasi dan pariwisata," ungkap Dekan Fikom Universitas Mercu Buana, Ahmad Mulyana, M.Si, dalam keterangan pers KPN Fikom UMB. Gelaran KPN Fikom UMB ini dilakukan bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lebak, pemerintah Desa Bojongmenteng, PT Pupuk Indonesia, PT Tom Cococha Indonesia dan Yayasan T60.

 

photo
Dekan Fikom Universitas Mercu Buana, Ahmad Mulyana, M.Si (kanan) saat serah terima bantuan pembuatan MCK dari PT. Pupuk Indonesia pada Sekretaris Desa Bojongmenteng, Ahad (7/5). - (Istimewa)
 

Ketua Panitia KPN Fikom UMB, Asep Jembar Mulyana menambahkan, kegiatan ini diharapkan menjadi pemicu bagi masyarakat Desa Bojongmenteng supaya lebih maju dan berkembang dalam usaha kecil dan bidang pariwisata. Selain memberikan pelatihan, kegiatan juga dibarengi dengan serah terima bantuan pembuatan MCK dari PT. Pupuk Indonesia pada Sekretaris Desa Bojongmenteng.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat desa, karena saat ini adalah era digital sehingga akan menolong kami semua untuk bisa bersaing dan mengembangkan kemajuan desa," ujar Sekdes Bojongmenteng. Ditegaskannya pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan Fikom UMB merupakan upaya institusi pendidikan berperan aktif memberikan manfaat bagi masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement