Jumat 12 May 2023 01:35 WIB

Dukung Konservasi Lingkungan, BCA Life Tanam 1.999 Pohon Mangrove 

Pohon sebanyak 1.999 memiliki makna angka 9 untuk merepresentasikan usia perseroan.

PT Asuransi Jiwa BCA (BCA Life) bekerja sama dengan Yayasan Lindungi Hutan melakukan penanaman 1.999 pohon mangrove di Pantai Mangunharjo, Kota Semarang, Jawa Tengah.
Foto: Dok BCA Life
PT Asuransi Jiwa BCA (BCA Life) bekerja sama dengan Yayasan Lindungi Hutan melakukan penanaman 1.999 pohon mangrove di Pantai Mangunharjo, Kota Semarang, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Asuransi Jiwa BCA (BCA Life) bekerja sama dengan Yayasan Lindungi Hutan melakukan penanaman 1.999 pohon mangrove di Pantai Mangunharjo, Kota Semarang, Jawa Tengah. Selain untuk memperingati Hari Bumi 2023, penanaman mangrove atau bakau ini untuk mendukung tercapainya misi ekonomi keberlanjutan perusahaan.

Penanaman pohon mangrove ini merupakan hasil kampanye 1 Polis = 1 Pohon yang dilakukan BCA Life sepanjang April 2023. Kegiatan ini merupakan perwujudan komitmen BCA Life dalam menerapkan prinsip Environmental, Social, Governance (ESG) yang diwajibkan oleh pemerintah. 

Diharapkan penanaman mangrove ini dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan seperti pengurangan abrasi, menyerap polusi udara serta menciptakan keanekaragaman hayati habitat hewan laut kecil di Pantai Mangunharjo.

Direktur & Chief Distribution Officer (CDO) BCA Life, Eva Agrayani, mengatakan penerapan ekonomi keberlanjutan merupakan kewajiban setiap perusahaan sesuai dengan POJK No.51/POJK.03/2017. Sesuai dengan program Environmental Social Governance (ESG) yang dimiliki, implementasi konsep besar ESG pilar Lindungi Bumi Kita-BCA Life berfokus untuk mendorong kelestarian lingkungan dan konservasi alam.

"Kami berharap ke depan BCA Life dapat semakin konsisten menjalankan komitmen ekonomi keberlajutan melalui kolaborasi dengan partner atau NGO untuk medorong terwujudnya ekosistem hijau di lingkup perusahaan maupun masyarakat," kata Eva dalam keterangan tertulisnya, Kamis (11/3/2023).

"Karena kami yakin bahwa pelaksanaan Environment, Social, dan Governance (ESG) akan mampu menjaga kesuksesan dan keberlanjutan jangka panjang perusahaan nantinya,” ujar Eva menambahkan.

Manfaat hutan mangrove tak kalah penting dibanding hutan hujan tropis bagi ekosistem pinggir pantai kepulauan Indonesia. Pohon mangrove dipilih karena memiliki manfaat sebagai paru-paru alami, sumber ekonomi masyarakat, habitat bagi flora dan fauna, hingga pengendali bencana pengikisan daratan.

Jumlah pohon mangrove sebanyak 1.999 memiliki makna angka 9 untuk merepresentasikan usia anak perusahaan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) ini, yang akan memasuki tahun kesembilan pada Juli 2023. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement