Kamis 11 May 2023 12:40 WIB

Jamin Akses Pendidikan di Wilayah Kepulauan, Pemerintah Siapkan Perguruan Tinggi di Aru

Universitas Kepulauan Aru penting untuk pemerataan pendidikan di Wilayah Timur.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Gita Amanda
Perguruan Tinggi (ilustrasi). Kantor Staf Presiden (KSP) menyambut baik rencana pemerintah mendirikan Universitas Kepulauan Aru.
Foto: blogspot.com
Perguruan Tinggi (ilustrasi). Kantor Staf Presiden (KSP) menyambut baik rencana pemerintah mendirikan Universitas Kepulauan Aru.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kantor Staf Presiden (KSP) menyambut baik rencana pemerintah mendirikan Universitas Kepulauan Aru. KSP menilai, pendirian Universitas Kepulauan Aru penting karena sebaran perguruan tinggi di wilayah Indonesia timur masih belum merata.

Aktivitas pendidikan tinggi pun hanya terpusat di Universitas Pattimura yang berada di Ambon. Saat ini, minat masyarakat sekitar untuk menempuh studi di perguruan tinggi tersalurkan melalui Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Pattimura di Kabupaten Kepulauan Aru.

Baca Juga

Namun, untuk tujuan pengembangan pendidikan tinggi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat lokal Kepulauan Aru, fungsi PSDKU masih sangat terbatas karena sifatnya yang hanya berupa program studi yang secara pengelolaan kelembagaan, keuangan, dan lain-lain masih berada di bawah kewenangan Universitas Pattimura.

“Pembentukan universitas perlu didorong agar bisa otonom dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi. Transformasi PSDKU menjadi universitas juga bertujuan untuk memberikan akses yang seluas-luasnya bagi masyarakat di daerah terpencil dan kepulauan,” kata Deputi II Bidang Pembangunan Manusia Abetnego Tarigan, dikutip dari siaran pers KSP pada Kamis (11/5/2023).

Sebelumnya, dalam rapat koordinasi rencana persiapan pendirian Universitas Kepulauan Aru di Gedung PSDKU Unpatti, Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, pada Selasa (9/5/2023), KSP menekankan pentingnya merumuskan langkah-langkah konkret transformasi ini.

“Transformasi PSDKU menjadi universitas mandiri bukan hanya upaya meningkatkan kualitas SDM lokal, melainkan juga sebagai penggerak ekonomi,” kata Abetnego.

Bupati Kepulauan Aru Johan Gonga mengatakan, ketertinggalan SDM di Kabupaten Kepulauan Aru akan dibenahi melalui pengembangan dan peningkatan di jalur pendidikan formal.

“Pemerintah daerah mendukung dan siap memfasilitasi transformasi PSDKU menjadi Universitas Kepulauan Aru. Semua regulasi akan diikuti, bahkan pemerintah daerah siap melakukan penyerahan aset demi terwujudnya pendirian Universitas Kepulauan Aru ini,” kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement