Selasa 09 May 2023 14:21 WIB

Lucky Hakim Beri Klarifikasi Terkait Ajakan Salam Yahudi di Ponpes Al-Zaytun

Panji Gumilang ajak eks wabup Indramayu Lucky Hakim dan hadirin ucapkan 'shalom'.

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Erik Purnama Putra
Eks wakil bupati Indramayu, Lucky Hakim kini bergabung ke Perindo.
Foto: Republika/Lilis Sri Handayani
Eks wakil bupati Indramayu, Lucky Hakim kini bergabung ke Perindo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Viral di media sosial video yang menunjukkan pendiri Ma'had Al-Zaytun, Panji Gumilang mengajak hadirin untuk menyanyikan salam ala Yahudi, havenu shalom aleichem. Dalam video yang beredar di media sosial, terlihat mantan wakil bupati (wabup) Indramayu Lucky Hakim hadir di lokasi dan mengikuti ajakan tersebut.

Video viral itu diunggah oleh akun Instagram @say.kocak, Ahad (7/5/2023). Dalam unggahan video tersebut Panji Gumilang mengajak santri dan tamu undangan untuk mengucapkan salam yang identik untuk umat Yahudi, selain ucapan salam umat Islam.

"Saya mengajak saudara-saudara untuk mengucapkan salam yang tidak Assalamualaikum saja, sambil kita bernyanyi, saya kira yang hadir walaupun tidak pandai, tapi bisa bernyanyi. Kita ucapkan kepada sahabat kita 'havenu shalom aleichem' dalam bentuk bernyanyi. Silakan berdiri, karena ini satu Suro," ujar Panji seperti dikutip Republika.co.id di Jakarta pada Selasa (9/5/2023).

Baca juga : 7 Daftar Kontroversi Panji Gumilang Pimpinan Al Zaytun yang tak Pernah Tersentuh

Dalam video tersebut terekam, Lucky Hakim hadir dan terlihat bingung. Semua tamu undangan, termasuk Lucky dan santri kemudian berdiri untuk mengikuti Panji. "Muka wabupnya seperti tertekan. Sepertinya kaget," kata keterangan pada unggahan @say.kocak.

Memantau unggahan yang viral tersebut, Lucky yang sekarang gabung Perindo turut memberikan komentarnya. Menurut dia, video itu sudah terjadi pada tahun lalu ketika dirinya masih menjabat kepala daerah atau wakil bupati.

Lucky mengaku, diundang di tanah pesantren yang terdiri dari tanah garapan pertanian modern dan peternakan modernnya. Dia menjelaskan, tidak terlalu mendalami kurikulum dan apapun tentang teknis pengajaran di pesantren tersebut.

"Itu tahun lalu waktu saya masih jadi kepala daerah di Indramayu dan diundang sebagai kepala daerah, di dalam pesantren ada tanah garapan pertanian modern dan peternakan modern, selebihnya saya tidak terlalu mendalami kurikulum dan apapun tentang teknis pengajaran. Jadi mungkin bisa ditanyakan langsung ke pihak Al-Zaytun bila mana ada yang mau tau tentang metode dan ajarannya," kata Lucky berkomentar melalui akun Instagram centang birunya @luckyhakimofficial.

Baca juga : Lucky Hakim Mengaku Hanya Diundang Saat Santri Al Zaytun Nyanyi Lagu Yahudi

Republika.co.id tengah berupaya mengklarifikasi dari pihak Ponpes Al-Zaytun. Ponpes Al-Zaytun dikenal sebelumnya setelah viral video ponpes Al-Zaytun menggelar sholat Idul Fitri dengan perempuan berdiri sejajar di barisan depan bersama jamaah laki-laki.

Setelah dikulik kembali, dalam video lain yang dilansir dari akun Youtube SuaraTaipan Tv, Panji Gumilang menegaskan pentingnya Indonesia untuk membuka hubungan diplomatik dengan Israel. Dia menjelaskan, tidak ada yang sulit bagi bangsa Indonesia untuk melakukan kebijakan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement