Senin 08 May 2023 14:09 WIB

Final Voli Putra SEA Games 2023: Indonesia Siap Cetak Hattrick Medali Emas

Di laga final sore ini, Indonesia akan menghadapi tuan rumah Kamboja.

Seorang pekerja Kamboja bersantai di depan spanduk yang mengiklankan Pesta Olahraga Asia Tenggara ke-32 (SEA Games 32) di Phnom Penh, Kamboja. Di cabang bola voli putra, timnas Indonesia pada Senin (8/5/2023), akan berlaga di babak final melawan tuan rumah. (ilustrasi)
Foto:

 

Siap hattrick 

Pada SEA Games 2023, pelatih Jeff Jiang Jie memanggil 14 pemain dan dari jumlah tersebut ada nama yang telah menjadi tulang punggung timnas sejak SEA Games Filipina pada 2019, di mana medali emas kembali diraih setelah 10 tahun. Pemain yang menjadi tulang punggung timnas sejak SEA Games 2019 diantaranya adalah Rivan Nurmulki, Doni Haryono, Hernanda Zulfi, Nizar Zulfikar, Dio Zulfikri dan Yuda Mardiansyah Putra.

Dari sejumlah pemain senior tersebut, nama Rivan Nurmulki, Doni Haryono, Hernanda Zulfi dan Dio Zulfikri selalu menjadi pemain utama dalam beberapa pertandingan terakhir di SEA Games termasuk saat menghadapi Kamboja maupun Vietnam di babak semifinal.

Komposisi pemain tersebut berpeluang kembali terjadi pada laga final melawan tuan rumah Kamboja yang sarat gengsi ini. Mereka kemungkinan akan ditopang oleh pemain yang lagi naik daun, Fahri Septian dan Hendra Kurniawan hingga sang libero Henry Abe maupun Fahreza Rakha.

Bahkan, tekad untuk mencetak hattrick medali emas SEA Games sudah dicanangkan oleh Rivan Nurmulki seusai memastikan timnas lolos ke final. Pemain tim Surabaya Samator ini mengaku tidak akan melewatkan kesempatan yang sudah di depan mata demi mencetak sejarah bola voli putra Indonesia.

Meski demikian timnas tidak boleh gegabah mengingat sang lawan yakni Kamboja mempunyai semangat yang menyala. Selain tampil di kandang sendiri dengan dukungan suporter fanatiknya, Kamboja juga ingin menunjukkan jika mereka bisa bersaing terutama di kawasan Asia Tenggara.

 

"Tinggal besok, Senin (8/5). Kita berproses untuk tiba di final. Semoga bisa meraih hasil yang terbaik," kata Jeff Jiang Jie.

Pelatih asal China itu mengaku untuk lolos ke final, Indonesia memang harus berjuang keras. Apalagi dirinya juga melakukan rotasi pada setiap pertandingan. Bahkan di awal laga sempat mengandalkan pemain muda, Boy Arnez.

Namun, seiring perjalanan waktu pelatih yang membawa tim voli putra Indonesia meraih emas SEA Games Vietnam ini mulai menemukan formasi yang tepat meski tidak secara gamblang menyebutkan nama-namanya.

Dalam dua pertandingan terakhir, Jeff Jiang Jie mengandalkan Hendra Kurniawan, Doni Haryono, Fahri Septian, Rivan Nurmulki, Hernanda Zulfi dan Dio Zulfikri. Untuk posisi libero dilakukan bergantian antara Henry dan Rakha.

"Rotasi akan terus kami lakukan sesuai dengan kebutuhan tim. Kita tunggu pertandingan besok (hari ini)," katanya dengan tersenyum.

Rivan Nurmulki menegaskan, akan berusaha memberikan kemampuan terbaiknya. Apalagi, ia bisa menjadi bagian sejarah jika sukses meraih medali emas tiga kali secara beruntun.

"Kita maksimalkan saja laga besok. Yang jelas saya tetap siap jika mendapatkan kesempatan. Tapi kami juga menyadari untuk meraih emas butuh kerja keras dan persiapan matang," kata Rivan, Ahad (7/5/2023).

Sementara itu salah satu pemain timnas Indonesia, Farhan Halim mengaku akan membantu tim untuk mencapai hasil terbaik. Apalagi beberapa pemain bertekad mencetak hattrick merebut medali emas SEA Games.

"Pastinya kami ingin emas. Karena ada beberapa senior yang akan hattrick, ada beberapa senior yg memang sudah dua kali juara dan kalau menang di sini, hattrick. Jadi sejarah juga kalau tak salah," katanya.

"Saya minta doanya buat semuanya rakyat Indonesia. doakan kita. Besok final. Mohon diberi keselamatan dan bisa membawa pulang emas lagi," kata pemain asal Jawa Barat itu.

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement