Kamis 04 May 2023 18:56 WIB

Perkuat Silaturahim Anggota, Ketua IPHI Babel: Fokus Pada Kesejahteraan Ekonomi Umat

IPHI Babel di bawah kepemimpinan Erzaldi Rosman mengedepankan kesejahteraan umat.

Ketua Pengurus Wilayah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Bangka Belitung Erzaldi Rosman.
Foto: Dok. IPHI Bangka Belitung
Ketua Pengurus Wilayah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Bangka Belitung Erzaldi Rosman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Suasana berbeda dirasakan di Pondok Pesantren (Ponpes) Bahrul Ulum Islamic Center, Sungailiat, Kabupaten Bangka, Kamis (4/5/2023) hari ini. Sekitar 800 orang memenuhi area pusat pendidikan agama Islam di wilayah dengan semboyan Sepintu Sedulang itu. 

Ratusan orang yang hadir merupakan para haji dan hajah yang tergabung dalam kepengurusan maupun anggota dari Pengurus Wilayah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Bangka Belitung (Babel), dan pengurus daerah. Turut hadir Ketua PW IPHI Babel Erzaldi Rosman, yang hadir bersama istri, Melati Erzaldi. Para peserta mengikuti acara Halalbihalal organisasi yang diselenggarakan dalam rangka hari lahir (Harlah) ke-33 IPHI, yang diperingati setiap 22 Maret, sekaligus masih dalam nuansa Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah. 

Baca Juga

Erzaldi menyebutkan, jika kegiatan tersebut (Halalbihalal) penting untuk dilaksanakan agar hubungan antar anggota tetap terjalin dengan baik selepas menunaikan ibadah haji. "Jangan kita selesai menunaikan ibadah haji, pulang, dan membiarkan kemabruran haji kita tereliminasi karena perbuatan kita. Jadi, sudah sangat wajar untuk melaksanakan kemabrurannya itu, kita harus mengisinya dengan kegiatan keagamaan sebanyak, dan sebaik mungkin," kata Erzaldi Rosman, dalam keterangan tertulis, Kamis (4/5/2023).

"Jangan jadikan kegiatan seperti ini dilakukan di penghujung usia kita, tetapi lakukan kegiatan seperti ini sebanyak-banyaknya selagi lagi muda. Lakukan dengan baik, insyaallah barokah," tambahnya.

photo
Istri dari Ketua Pengurus Wilayah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Bangka Belitung, Melati Erzaldi, bersama para anggota IPHI Babel. - (Dok. IPHI Bangka Belitung)

Selain menjaga kemabruran dengan kegiatan keagamaan, Erzaldi juga menyebutkan jika IPHI Babel di bawah kepemimpinannya berkonsentrasi kepada kesejahteraan ekonomi umat. Untuk itu, Gubernur Babel periode 2017-2022 ini berpesan agar haji dan hajah di Negeri Serumpun Sebalai dapat bersatu, berjalan bersama memperkuat kesolidan organisasi.

"Saya mengkhususkan kehadiran para anggota betul-betul dapat memberikan manfaat secara langsung ataupun tidak langsung kepada kepada masyarakat. Bagaimana caranya kita meningkatkan harkat dan martabat umat Islam melalui gerakan ekonomi," katanya.

Harapan besar juga disampaikan Erzaldi dari halalbihalal yang menghadirkan Habib Hamid Barakbah untuk menyampaikan ceramah agama. Halalbihalal ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk para haji dan hajah untuk menanamkan kebaikan bagi umat di jalan Allah Swt. 

"Jadi, kehadiran IPHI yang notabenenya adalah Bapak/Ibu haji yang memiliki kemampuan lebih tidak saja secara materiil, tetapi juga pikiran, kami mohon datanglah ke kepengurusan IPHI, kita bersumbangsaran untuk kebaikan umat," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement