Sabtu 29 Apr 2023 10:17 WIB

Makassar, Kota Pertama Pilihan Ganjar Usai Ditetapkan Sebagai Capres

Ganjar masih pilih-pilih cawapres.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, sekaligus Bakal Calon Presiden 2024 dari PDI Perjuangan.
Foto: Muhammad Noor Alfian
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, sekaligus Bakal Calon Presiden 2024 dari PDI Perjuangan.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Bakal Calon Presiden Indonesia Ganjar Pranowo memilih Kota Makassar, di Provinsi Sulawesi Selatan, sebagai kota pertama untuk dikunjungi setelah ditetapkan sebagai calon presiden (capres) oleh Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan untuk Pemilu Presiden 2024.

Baca Juga

"Sebenarnya, rencana di Sulsel, menjadi daerah dengan agenda pertama (konsolidasi). Tapi, karena dikoordinasikan untuk dijadwalkan ulang. Nah, kebetulan besok pagi ada Otda (pertemuan kepala daerah). Jadi, saya menggenapi janji saja (ke Makassar)," kata Ganjar kepada wartawan di kantor DPW PDI Perjuangan Sulsel, Jalan Gunung Bawakaraeng Makassar, Jumat (28/4/2023).

Menurut Gubernur Jawa Tengah ini, semula agenda pertama safari politik untuk konsolidasi pemenangan Pilpres akan dilaksanakan di Sulsel, namun sempat ditunda. Berhubung ada agenda pertemuan Kepala Daerah se Indonesia memperingati Hari Otonomi Daerah (Otda) 29 Maret 2023 di pusatkan di Makassar, maka tentu wajib dihadiri.

"Makanya, untuk yang pertama ini kita bisa silaturahmi dengan kawan-kawan PDI Perjuangan di Sulsel, bisa bercerita tadi, ngobrol bersama saling memberikan semangat dan kekuatan untuk persiapan kita di dalam menghadapi Pemilu 2024," ujarnya usai rapat konsolidasi internal pemenangan Pilpres 2024 di Sekretariat PDI Perjuangan di Makassar itu.

Meski demikian, kunjungannya ke Makassar, Sulawesi Selatan ini sifatnya permulaan dalam bentuk silaturahmi dengan jajaran pengurus partai, mengingat masih dalam momentum Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijiriah.

"Ini baru permulaaan, silaturahmi. Tapi, nanti foreplay (pemanasan) akan dijadwalkan, sifatnya khusus. Ini karena Sulsel sangat menarik. Kenapa dulu saya dikasih gelar Daeng Manaba, itu ternyata terpikir terus untuk kembali ke Sulsel," papar Ganjar sembari tersenyum.

Saat ditanyakan siapakah Bakal Calon Wakil Presiden yang akan mendampinginya nanti, Ganjar enggan menjawab. Ia hanya tersenyum lalu mengatakan warga Makassar selalu semangat, ewako, lalu naik ke atas mobilnya meninggalkan sekretariat PDI Perjuangan Sulsel.

Sebelumnya, dalam rapat konsolidasi internal pemenangan Pilpres 2024 di Sekretariat DPW PDI Perjuangan Sulsel, Ganjar Pranowo menyampaikan tugas kader hari ini adalah mengkonsolidasikan kekuatan dan menyiapkan ke depan dengan baik dan terus berjejaring dengan kelompok masyarakat dan rakyat.

"Kekuatan itu bisa kita gandeng. Sulawesi Selatan punya tantangan tersendiri, haqqul yakin. Kawan-kawan paling tahu bagaimana caranya (memenangkan Pilpres)," ujar Ganjar kepada pengurus partai.

Selain itu, target kemenangan Pemilu 2024 adalah tugas bersama dan sifatnya wajib. Bahkan harus hattrick menang di tiga momen politik yakni Pemilu Legislatif, Pemilu Presiden dan Pilkada Serentak tahun 2014.

"Kalau itu kita menangkan secara hattrick, maka kesempatan kita meneruskan kepemimpinan dari pak Jokowi ini dan mewujudkan cita-cita yang belum tuntas, itu hari ini yang kita sampaikan," ucapnya menekankan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement