Sabtu 29 Apr 2023 00:56 WIB

Gelar TWG Pengamanan Hari Buruh, Polda Metro Kerahkan 4.200 Personel

Hari buruh 1 Mei akan diwarnai banyak demonstrasi.

Rep: Ali Manshur/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi hari buruh.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ilustrasi hari buruh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Elemen buruh berencana menggelar sejumlah kegiatan dalam rangka peringatan hari buruh atau May Day pada Senin tanggal 1 Mei 2023. Guna mengamankan peringatan Hari Buruh tersebut, Polda Metro Jaya telah menggelar Tactical Wall Game (TWG) dan mengerahkan ribuan.

"Sebanyak 4.200 (personel). itu yang tergelar di lapangan. Yang lain pun seperti panglima daerah militer Jayakarta menyiapkan 3.500 yang stand by on call dan kami juga kekuatan yang sisa kami stand by kan juga di komando maupun di tempat-tempat tertentu yang dekat dengan pusat kegiatan," ujar Kapolda Metro Jaya, Irjen Karyoto di Jakarta, Jumat (28/4).

Baca Juga

Menurut Irjen Karyoto, TWG yang digelar bersama sejumlah pihak seperti unsur aparatur sipil negara (ASN), Satpol PP, Pemadam Kebakaran serta TNI dan Polri itu merupakan bagian dari fungsi utama dalam rencana pengamanan. Perencanaan penempatan ploting pasukan di lokasi-lokasi strategis yang akan dijadikan sebagai titik sasaran dari para pendemo.

"Tentunya kita akan memberikan pelayanan pengamanan kepada yang pertama yang melaksanakan acara, yang kedua terhadap masyarakat yang kena imbasnya," terang Irjen Karyoto. 

Diprediksi peringatan Hari Buruh nanti bakal dihadiri oleh sejumlah masyarakat dari luar Jakarta. Setidaknya terdapat dua titik aksi Mayday pertama di patung kuda dan di gedung DPR. 

"Dua itu yang pemusatan agak besar dan juga ada di Jakarta Utara dan Jakarta Timur," pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement