Jumat 28 Apr 2023 15:30 WIB

Menhub Imbau Warga Terapkan Prokes Selama Arus Balik Lebaran

Pemudik harus menerapkan prokes saat lebaran untuk mengantisipasi Covid-19.

Pemudik mengenakan masker alias menerapkan prokes.
Foto: Republika/Prayogi
Pemudik mengenakan masker alias menerapkan prokes.

REPUBLIKA.CO.ID, LAMPUNG SELATAN -- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadimengimbau warga untuk tatap menerapkan protokol kesehatan (prokes) dalam perjalanan selama arus balik Lebaran 2023.

"Saya juga dengar bahwa COVID-19 sedikit menanjak. Karenanya protokol kesehatan dijalankan, masker, cuci tangan," kata Budi saat ditemui di Pelabuhan Penyeberangan

Baca Juga

Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung, Jumat (28/4/2023).

Hal tersebut dilakukan mengingat aktivitas warga di luar rumah meningkat, terlebih selama musim mudik dan balik Lebaran.

Hal ini juga berpotensi untuk memperluas sebaran virus lantaran banyak warga pergi dari satu kota ke kota lain selama musim mudik dan balik.

Walau demikian, Budi tetap mengimbau warga agar tidak panik menyikapi lonjakan kasus ini. "Jangan disikapi berlebihan," kata dia.

Dia juga mengimbau penumpang untuk menggunakan aplikasi Feryzi saat membeli tiket guna menghindari penumpukan antrean di setiap pelabuhan penyeberangan.

Jumlah kasus positif COVID-19 harian di Indonesia sebanyak 1.879 kasus per Kamis (27/4). Jumlah tersebut meningkat dibandingkan pada Rabu (26/4) yang menyentuh angka 1.399 kasus.

Peningkatan mulai terasa ketika memasuki awal pekan ini, yakni Senin (24/6) sebanyak 260 dan Selasa (25/4) sebanyak 1.167 kasus baru.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement