Jumat 28 Apr 2023 15:21 WIB

Kunjungi Pesantren, Kapolda Jatim Perkuat Silaturahmi dengan Ulama

Kapolda Jatim berharap masukan strategis dari ulama untuk penguatan kamtibmas.

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Toni Harmanto (tengah).
Foto: ANTARA FOTO/Didik Suhartono
Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Toni Harmanto (tengah).

REPUBLIKA.CO.ID,KEDIRI -- Kapolda Jatim Irjen Toni Harmanto mengunjungi sejumlah pondok pesantren di Kediri, Jatim, silaturahmi sekaligus mengecek kondisi pos pengamanan yang didirikan dalam pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah atau Lebaran 2023.

"Ini kami sambil mengecek pos pengamanan arus mudik dan kebetulan kami juga mampir ke pak kiai dan halal bihalal juga. Nanti kembali lagi sambil melihat arus balik termasuk di pos pengamanan kami yang ada sambil menyemangati anggota pos yang berjaga hampir dua pekan," kata Kapolda Jatim Irjen Toni Harmanto di Kediri, Jumat (28/4/2023).

Baca Juga

Ia pun menambahkan, Polda Jatim dan jajarannya memfasilitasi balik gratis untuk masyarakat. Ada 127 kendaraan yang disiapkan bagi mereka yang ingin kembali ke daerah tujuannya untuk bekerja.

Ia juga mengatakan, arus mudik dan arus balik selama Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah atau Lebaran 2023 ini relatif terkendali. Beberapa titik yang macet juga dipantau terus.

"InsyaAllah Jawa Timur bisa terkendali. Beberapa sendatan, seperti mengkreng, karena ada jalur kereta api dua rel, satu hari bisa 34 kali (kereta api lewat)," kata dia.

Dalam pengamanan arus mudik dan arus balik dalam Hari Raya Idul Fitri 2023 ini, pola yang digunakan adalah memanfaatkan tim urai dan sistem buka tutup. Dengan itu, jika terjadi kemacetan bisa secepatnya diurai, bisa diatasi sehingga arus lalu lintas kembali lancar.

Kapolda dan jajarannya silaturahmi ke tiga pondok pesantren di Kediri, antara lain di Pondok Pesantren Lirbooyo Kota Kediri, kemudian Pondok Pesantren As-Sa'idiyah, Kota Kediri serta Pondok Pesantren Al Falah, Desa Ploso, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri.

Di Pesantren Lirboyo, Kota Kediri, Kapolda Jatim dan jajarannya ditemui oleh pengasuh pesantren yakni K.H. Anwar Manshur. Setelah dialog, kemudian Kapolda melanjutkan perjalanan ke Pesantren As-Sa'idiyah, Kota Kediri dan ditemui oleh K.H. Anwar Iskandar.

Selanjutnya, rombongan melanjutkan perjalanan ke Pesantren Al Falah, Desa Ploso, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri dan ditemui oleh pengasuh juga, K.H. Nurul Huda Djazuli.

Selain jajaran dari Polda Jatim, hadir pula Kapolres Kediri Kota AKBP Teddy Candra, Kapolres Kediri AKBP Agung Setyo Nugroho dan anggota lainnya.

Setelah silaturahmi, rombongan kemudian melanjutkan perjalanan kembali ke Surabaya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنْ كُنْتُمْ فِيْ رَيْبٍ مِّنَ الْبَعْثِ فَاِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ تُرَابٍ ثُمَّ مِنْ نُّطْفَةٍ ثُمَّ مِنْ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنْ مُّضْغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيْرِ مُخَلَّقَةٍ لِّنُبَيِّنَ لَكُمْۗ وَنُقِرُّ فِى الْاَرْحَامِ مَا نَشَاۤءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخْرِجُكُمْ طِفْلًا ثُمَّ لِتَبْلُغُوْٓا اَشُدَّكُمْۚ وَمِنْكُمْ مَّنْ يُّتَوَفّٰى وَمِنْكُمْ مَّنْ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرْذَلِ الْعُمُرِ لِكَيْلَا يَعْلَمَ مِنْۢ بَعْدِ عِلْمٍ شَيْـًٔاۗ وَتَرَى الْاَرْضَ هَامِدَةً فَاِذَآ اَنْزَلْنَا عَلَيْهَا الْمَاۤءَ اهْتَزَّتْ وَرَبَتْ وَاَنْۢبَتَتْ مِنْ كُلِّ زَوْجٍۢ بَهِيْجٍ
Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan (tetumbuhan) yang indah.

(QS. Al-Hajj ayat 5)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement