Kamis 27 Apr 2023 17:46 WIB

Pengamat Sebut Muhadjir Effendy Layak Jadi Cawapres Alternatif

Kinerja Menko PMK Muhadjir sudah terbukti menurunkan stunting di semua provinsi.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy.
Foto: Dok Republika
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy dinilai sosok yang tepat untuk menjadi calon wakil presiden (cawapres) alternatif. Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin menyebut, Muhadjir cocok menjadi cawapres bagi Ganjar Pranowo.

Dia menilai, Muhajir memiliki karakter yang kuat. Ditambah lagi, Muhadjir memiliki pengalaman dan kredibilitas tinggi di pemerintahan khususnya bidang pembangunan manusia dan keeejahteraan sosial.

"Kinerja Muhadjir tentu sudah terbukti ya, kita semua bisa merasakan bagaimana angka stunting yang secara perlahan mulai menurun di seluruh provinsi. Bahkan cara kerja Muhadjir yang berani melakukan terobosan-terobosan besar dalam mengentaskan kemiskinan ekstrem inilah yang dibutuhkan Indonesia ke depan," kata Ujang kepada wartawan di Jakarta, Kamis (27/4/2023).

Menurut Ujang, Muhadjir memiliki basis sosial yang kuat, berasal dari Jawa Timur dan merupakan tokoh Islam yang terbuka dan dekat dengan berbagai kelompok masyarakat. Dia menyebut, Muhajir juga memiliki pengalaman yang tinggi baik selama di pemerintahan maupun di luar pemerintahan.

Tupoksinya yang langsung bersentuhan dengan masalah sosial ekonomi. "Secara tanggung jawab beliau sangat ideal menjadi cawapres, karena kompatibel dalam menjalankan pemerintahan, memahami isu pembangunan manusia dan berintegritas dalam membawa perubahan bagi bangsa ini. Artinya Muhadjir merupakan sosok yang mampu melengkapi kepemimpinan populer Ganjar Pranowo," kata Ujang.

Ujang melihat sosok mantan mendikbud tersebut bisa mewakili tokoh kalangan agama dari Jawa Timur. Sebagai salah satu ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah yang punya prestasi, Muhadjir juga dekat dan diterima di kalangan Nahdliyin serta kalangan Islam lainnya.

"Kita lihat beliau ini juga sangat aktif di kepengurusan PP Muhammadiyah, terlebih lagi kariernya di bidang pendidikan juga terbilang moncer sehingga beliau punya nilai lebih yang bisa disebut mewakili kalangan sosok agama dari Jawa Timur dengan basis yang cukup banyak. Setahu saya Muhadjir juga alumni Pelajar Islam Indonesia dan Himpunan Mahasiswa Indonesia juga," ungkap Ujang.

Ujang juga memuji gaya komunikasi Muhadjir yang dinilai berbeda dari sosok lainnya. "Muhadjir ini memiliki track record yang baik, bisa mengayomi. Diterima semua kalangan masyarakat, tak terkecuali. Oleh karena itu, saya berharap calon-calon presiden ini bisa memilih cawapresnya dengan tepat," kata Ujang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement