Kamis 27 Apr 2023 15:47 WIB

Mahfud Sebut Pembentukan Satgas TPPU di Kemenkeu akan Dirapatkan Besok

Seluruh data yang ada juga sudah diserahkan ke DPR.

Rep: Flori Sidebang/ Red: Lida Puspaningtyas
Menko Polhukam yang juga Ketua Komite Koordinasi Nasional PP TPPU Mahfud MD  berbincang bersama Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani sebelum mengikuti rapat dengar pendapat bersama Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (11/4/2023). Rapat tersebut membahas tentang laporan hasil rapat Komite Nasional TPPU terkait perkembangan isu transaksi keuangan mencurigakan di Kementerian Keuangan dengan nilai Rp349 triliun.
Foto: Republika/Prayogi
Menko Polhukam yang juga Ketua Komite Koordinasi Nasional PP TPPU Mahfud MD berbincang bersama Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani sebelum mengikuti rapat dengar pendapat bersama Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (11/4/2023). Rapat tersebut membahas tentang laporan hasil rapat Komite Nasional TPPU terkait perkembangan isu transaksi keuangan mencurigakan di Kementerian Keuangan dengan nilai Rp349 triliun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengungkapkan, pemerintah bakal segera membentuk satgas Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) untuk menangani dugaan pencucian uang senilai Rp 349 triliun di Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Pembentukan satgas ini bakal dirapatkan pada Jumat (28/4/2023) besok.

Baca Juga

"Satgas TPPU ya, untuk kasus pencucian uang, besok akan dirapatkan. Besok akan dibentuk satgasnya. Akan ditindaklanjuti sesuai data," kata Mahfud di kantornya, Kamis (27/4/2023).

Mahfud menjelaskan, pembentukan satgas ini merupakan hasil Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi III DPR yang dilakukan beberapa waktu lalu. Dia menyebut, seluruh data yang ada juga sudah diserahkan ke DPR dan akan dibahas dalam rapat besok.

"Data yang sudah terungkap ke publik dan sudah diserahkan ke DPR, besok pagi, hari Jumat akan dirapatkan," ujar Mahfud.

Adapun Satgas TPPU dan Komite TPPU memiliki fungsi yang berbeda. Komite TPPU bersifat permanen, sedangkan Satgas TPPU bersifat kasuistis seperti ad hoc. Artinya, Satgas TPPU nantinya cuma menyelesaikan kasus per kasus.

Sebelumnya, Mahfud turut mengonfirmasi data-data yang dipegang sama dengan yang dimiliki Sri Mulyani. Terlihat berbeda karena klasifikasi dan penyajian data, dan Komite TPPU mencantumkan semua LHA/LHP yang melibatkan pegawai Kemenkeu.

Dari 300 LHA LHP yang diserahkan PPATK sejak 2009-2023 kepada Kemenkeu maupun kepada aparat penegak hukum, sebagian sudah ditindaklanjuti. Namun, sebagian lainnya masih dalam proses penyelesaian baik oleh kemenkeu maupun APH.

Mahfud menerangkan, Kemenkeu sudah menyelesaikan sebagian besar LHA/LHP. Yang mana, terkait tindakan administrasi terhadap pegawai atau ASN yang terbukti melanggar ketentuan UU 5 2014 tentang ASN jo PP 94 2021 tentang Disiplin PNS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement