Kamis 27 Apr 2023 12:37 WIB

Aruna Beri Edukasi Perikanan Berkelanjutan kepada 1.700 Nelayan

Dengan mengedukasi nelayan dan masyarakat pesisir, Aruna mendapatkan rekor Muri.

Aruna secara serempak memberikan edukasi terkait perikanan berkelanjutan kepada sekitar 1.700 nelayan dan masyarakat pesisir.
Foto: Istimewa
Aruna secara serempak memberikan edukasi terkait perikanan berkelanjutan kepada sekitar 1.700 nelayan dan masyarakat pesisir.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Aruna secara serempak memberikan edukasi terkait perikanan berkelanjutan kepada sekitar 1.700 nelayan dan masyarakat pesisir di seluruh Indonesia pada 15 April 2023. Aruna pun diganjar rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) untuk kategori 'Edukasi Penangkapan Ikan Ramah Lingkungan secara Hybrid kepada Nelayan Terbanyak'.

Penganugerahan penghargaan dilakukan Direktur Marketing Muri Awan Rahargo di Aruna Hub Ujung Genteng, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Co-Founder dan Chief Sustainability Officer Aruna, Utari Octavianty, menjelaskan, pencapaian itu tentu bukan karena kekuatan sendiri. "Apa yang kami inisiasi tentu tidak akan berjalan apabila nelayan Aruna tidak menyambutnya dengan baik," ujar Utari dalam siaran pers, Kamis (27/4/2023).

Menurut Utari, Aruna menempuh cara edukasi untuk nelayan dan masyarakat pesisir demi merealisasikan ekosistem kelautan dan perikanan yang berkelanjutan. Sehingga, lingkungan pesisir tetap dapat dinikmati oleh generasi mendatang. Menurut dia, menjadi nelayan yang teredukasi dan terlatih merupakan salah satu keunggulan menjadi nelayan Aruna.

Di setiap Aruna Hub yang tersebar di 31 provinsi di Indonesia, kata dia, community development area dan local hero Aruna menjadi ujung tombak dari segala inisiatif Aruna yang berkenaan dengan kesejahteraan nelayan dan masyarakat pesisir. Dia pun mengucapkan terima kasih untuk Muri atas kepercayaan yang diberikan kepada Aruna.

"Ini juga untuk seluruh tim, terutama Nelayan Aruna sebagai ujung tombak dari keberlangsungan bisnis Aruna sendiri. Semoga penghargaan Muri ini dapat semakin mendorong kita untuk terus memberikan yang terbaik buat sektor kelautan dan perikanan di Indonesia," ucap Utari.

Dia menyebut, pencapaian tersebut kian mempertegas visi dan misi perusahaan, yakni untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat maritim dunia pada 2045. Caranya dengan  menjadikan laut sebagai sumber penghidupan yang lebih baik untuk semua. Awan, perwakilan dari Muri yang turut hadir di Ujung Genteng, mengaku, ia selama ini, sudah mendengar gaung Aruna.

"Sekaligus hal-hal positif apa saja yang Aruna sudah inisiasi. Tim Muri sudah lakukan verifikasi dan kami menyatakan bahwa Aruna telah berhasil menyabet penghargaan Muri. Semoga Aruna semakin giat untuk melanjutkan apa yang telah mereka lakukan, bahkan membuatnya menjadi lebih baik lagi," kata Utari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement