Selasa 25 Apr 2023 13:03 WIB

KAI Daop 1 Jakarta Catat 42 Ribu Pemudik Tiba pada H+3 Lebaran

Penumpang kereta turun di Stasiun Pasar Senen, Gambir, Jatinegara, dan Bekasi.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Pemudik tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin (24/4/2023).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Pemudik tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin (24/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (KAI Daop) 1 Jakarta mencatat, ada 42 ribu pemudik yang tiba di Jakarta dan sekitarnya pada H-3 Lebaran. Mereka turun di empat stasiun pemberhentian.

"Hari ini ada 42 ribu pengguna yang tiba, dari jumlah tersebut, 16.200 penumpang turun di Stasiun Pasar Senen, 16.000 di Stasiun Gambir, 4.000 di Stasiun Bekasi, 4.400 di Stasiun Jatinegara," kata Kepala Hubungan Masyarakat KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa di Jakarta, Selasa (25/4/2023).

Eva mengatakan, sebagian penumpang juga turun di Stasiun Jakarta Kota, Cikarang, Karawang, dan Cikampek. Jumlah itu meningkat dua kali lipat daripada masa normal. Dia menerangkan, mayoritas pengguna jasa yang tiba di area Daop 1 Jakarta berasal dari area Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Solo, Purwokerto, Kutoarjo, dan Malang.

Pada H+3 Lebaran, sambung dia, Stasiun Gambir di Jakarta Pusat juga mencatat volume pemudik yang masih tinggi, dengan total penumpang berangkat mencapai sekitar 13.800 orang. Mereka dilayani 38 kereta yang beroperasi dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

 

"KAI Daop 1 Jakarta melakukan sejumlah persiapan pada arus balik, diantaranya menambah ketersediaan kursi pada area tunggu penumpang, sehingga penumpang yang baru tiba dan menunggu jemputan diimbau agar tidak berdiri dan meletakkan barangnya di sembarang tempat yang dapat mengganggu arus lalu lalang penumpang lain di stasiun," tutur Eva.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement