Ahad 23 Apr 2023 16:10 WIB

Ucapakan Selamat ke Ganjar, Kelompok Relawan Ganjaran Buruh Berjuang Siap Ikut Berjuang

Untuk semakin memperluas dukungan di kalangan buruh, GBB membangun kolaborasi.

Presiden Joko Widodo bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjawab pertanyaan wartawan usai menunaikan Shalat Idul Fitri di Masjid Raya Sheikh Zayed, Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (22/4/2023). Pada tahun ini umat Muslim merayakan Idul Fitri 1444H pada hari  yang berbeda, yakni Jumat (21/4/2023) dan Sabtu (22/4/2023).
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Presiden Joko Widodo bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjawab pertanyaan wartawan usai menunaikan Shalat Idul Fitri di Masjid Raya Sheikh Zayed, Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (22/4/2023). Pada tahun ini umat Muslim merayakan Idul Fitri 1444H pada hari yang berbeda, yakni Jumat (21/4/2023) dan Sabtu (22/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ganjaran buruh berjuang  (GBB) mengucapkan selamat atas penetapan Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024 yang diumumkan langsung oleh Ketua Umum PDI Penjuangan di Istana Batu Tulis, Bogor Jumat (21/4/2023) siang.

Sebagai relawan yang sejak bulan November 2022 terus melakukan perluasan dukungan melalui kanvasing dan berbagai kegiatan di Pulau Jawa itu sangat senang dan makin yakin Ganjar bakal terpilih sebagai Presiden RI 2024.

Baca Juga

"Ya kami sangat senang dan semakin yakin Pak Ganjar akan terpilih jadi Presiden, selamat pak Ganjar!," kata Ketua Umum GBB Lukman Hakim, Ahad (23/4/2023). 

Lukman memaparkan, sejak dideklarasikan pada tanggal 20 November 2022 di Semarang dengan  melibatkan seribu buruh dari kota dan kabupaten Semarang, GBB selama lima bulan terakhir telah melakukan berbagai kegiatan dan canvassing di kantong-kantong buruh di pulau Jawa (Jateng, Banten, Jabar, Jakarta dan Jatim.

Selain canvassing melalui kegiatan-kegiatan sosial, olahraga, ekonomi GBB juga melakukan berkolaborasi dan melakukan MoU dengan puluhan perusahaan padat di Jawa tengah, Jawa Barat, Banten. 

Untuk semakin memperluas dukungan di kalangan buruh, GBB membangun kolaborasi dengan beberapa beberapa serikat buruh atau serikat pekerja yang ditandai dengan MoU dan surat pernyataan dukungan  kepada Ganjar Pranowo sebagai Presiden RI 2024. 

Selain kegiatan canvassing, kata dia, GBB juga mengusung konsep hubungan industrial alternatif melalui Forum Musyawarah Hubungan Industrial (FMHI) dan pembentukan Komisi Nasional Hubungan Industrial. FMHI sudah digelar di beberapa kota di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur dgn melibatkan unsur-unsur  dari Apindo, Kadin, Serikat Pekerja sna Akademisi.

"GBB juga akan memperluas jangkauan ke luar negeri dengan membentuk GBB luar negeri yang akan melibatkan WNI yg bekerja di luar negeri. Setelah resmi Ganjar Pranowo sebagai Capres, GBB bertekad lebih memasifkan kerja-kerja penggalangan dukungan  dan penyusunan konsep penguatan industri nasional dan kesejahteraan buruh," ujar dia. 

Sekretaris Jenderal Ganjaran Buruh Berjuang, Kelik Ismunanto menilai penetapan Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024 merupakan kemenangan para buruh. "Kita berharap pemerintahan ke depan adalah pemerintahan yg bisa diajak berkomunikasi, pemerintahan yang mau mendengarkan suara-suara para buruh. Dan selama GP menjadi Gubernur Jawa Tengah, pola pendekatan komunikatif yang "nguwongke" dengan para buruh, menunjukan modal penting dalam menata Hubungan Industrial ke depan," kata dia. 

Sementara itu Ketua Dewan Pembina Ganjaran Buruh Berjuang, Ferry Indrianto menegaskan, bahwa untuk itu GBB telah siap menjadi episentrum relawan buruh Ganjar Pranowo untuk memenangkan Ganjar Pranowo sebagai Presiden RI 2024. Ganjaran Buruh Berjuang akan mendeklarasikan GP sbg Presiden Pilihan Buruh Indonesia dalam agenda Musyawarah Akbar Buruh Indonesia (MABI) 28 Mei 2023 mendatang.

Sebelumnya, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri telah mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai bacapres 2024 di Istana Batutulis, Bogor, Jawa Barat. Ganjar Pranowo mengaku mendapat kehormatan ditugaskan sebagai bacapres PDIP.

 

"Tentu ini adalah suatu keputusan yang diambil ketua umum melalui proses yang sangat panjang. Sebuah kehormatan buat saya mendapatkan tugas ini sebagai kader partai, di sampaing tentu tugas ini tidak mudah," kata Ganjar di Istana Batutulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4/2023), demikian dilansir dari Antara

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement