Ahad 23 Apr 2023 12:15 WIB

Jadi Pembicara di Acara BI Kalbar, Dosen BSI Ajak Pelaku UMKM Tumbuhkan Digital Mindset

UMKM Kalbar diminta membuka sudut pandang baru untuk 'go digital'.

Dosen BSI Kampus Pontianak Raja Sabaruddin saat menjadi pembicara di Bank Indonesia (BI) Kalimantan Barat.
Foto: Dok. Universitas BSI
Dosen BSI Kampus Pontianak Raja Sabaruddin saat menjadi pembicara di Bank Indonesia (BI) Kalimantan Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Dosen Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Pontianak diberi kepercayaan oleh Bank Indonesia (BI) di Provinsi Kalimantan Barat untuk menjadi narasumber pada kegiatan Penguatan Kapabilitas Digital UMKM Menyongsong Era Ekonomi Digital di Aula Bank Indonesia, pada Selasa (4/4/2023). Raja Sabaruddin merupakan salah satu dosen di Universitas BSI Kampus Pontianak yang menjadi  narasumber pertama dalam kegiatan Pendampingan Onboarding UMKM dan Pelatihan Pencatatan Keuangan dengan Sistem Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan (SiApik) yang dilaksanakan selama 9 hari kerja. 

“Dalam kesempatan tersebut saya menyampaikan materi tentang   menumbuhkan digital mindset untuk pelaku UMKM, yakni mengenai sudut pandang baru bagi UMKM di Kalimantan Barat untuk go digital. Jumlah peserta yang menghadiri kegiatan tersebut sudah di seleksi, awalnya 300 peserta namun yang di ambil sebagai peserta berjumlah 20 peserta,” jelas Raja dalam keterangan tertulis, Ahad (23/4/2023).

Baca Juga

Ia juga berharap bahwa materi yang disampaikan dapat  mengajak para UMKM membuat roadmap bisnis, agar usahan yang di jalankan bisa terukur dan sesuai target pasar. Sementara itu, Dini salah satu peserta kegiatan yang juga sebagai pelaku UMKM memberikan pandangan positif terkait materi yang di paparkan. Menurutnya, banyak hal baru yang didapatkan dari mengikuti kegiatan pelatihan tersebut terutama terkait dengan konsep bisnis. 

"Ternyata penjualan go digital dan di konsepkan dengan  roadmap bisnis yang tepat membuat saya sangat yakin, usaha yang saya geluti di bidang makanan akan dikenali di pasar global," jelasnya. 

Sementara itu, panitia kegiatan Onboarding UMKM juga  berharap kegiatan yang diselenggarakan mampu memberikan pencerahan baru dan sudut pandang baru bagi UMKM go digital dan cuan yang besar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement