Sabtu 22 Apr 2023 07:27 WIB

Jokowi dan Ganjar Sholat Idul Fitri di Masjid Sheikh Zayed

Presiden Jokowi melaksanakan sholat Idul Fitri di Solo.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Bayu Hermawan
Presiden Joko Widodo dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (ilustrasi)
Foto: Dok. HPJT
Presiden Joko Widodo dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO–Presiden Joko Widodo bersama gubernur Jawa tengah Ganjar Pranowo melakukan ibadah sholat idul Fitri di Masjid Raya Sheikh Zayed, Sabtu (22/4/2023). 

Pantauan Republika, banyak jamaah yang bertahan setelah menunaikan sholat subuh. Mereka melantunkan takbir bersama-sama usai melangsungkan sholat subuh.

Masjid Raya Sheikh Zayed sudah mulai dipadati jamaah sejak pukul 05.00 WIB. Belasan ribu jamaah yang akan melangsungkan sholat idul Fitri tampak tumpah ruah di jalan menuju Masjid Raya Sheikh Zayed. Pukul 5.47 WIB pintu masuk bangunan utama masjid sudah ditutup lantaran jamaah telah penuh. Jokowi dan Ganjar pun tiba bersama di masjid sekitar pukul 06.20 WIB. 

Salah satu jamaah asal Solo, Bryan (32), mengungkapkan bahwa sudah sejak lama dirinya ingin mendirikan ibadah di Masjid Raya Sheikh Zayed ini. Sebab, meskipun rumahnya di Solo ia mengaku belum pernah sekalipun menyambangi masjid hadiah untuk Presiden Jokowi dari Presiden UEA tersebut.

"Pengen sholat di masjid ini, ya sebelumnya belum tahu kalau ada Pak Jokowi, ya beneran kalau bisa ya salaman nanti," katanya, Sabtu (22/4/2023). 

Ia mengatakan datang bersama keluarga. Bahkan, untuk sholat di masjid tersebut ia sudah bersiap-siap sejak pukul 5 pagi. "5 jam lebih sedikit saya sudah otewe ke sini. Ya kalau di sini pasti ramai makanya berangkatnya awal," katanya. 

Sebelumnya, Bakal Calon Presiden dari PDIP, Ganjar Pranowo mengaku bakal mendampingi Presiden Joko Widodo selama ibadah sholat idul fitri. 

"Sholat apa? (Sholat id) Lo ngenteni Pak presiden (di Zayed?) Nemenin pak presiden. Ketemu di sana ya," kata Ganjar ketika ditemui awak media, Jumat (21/4/2023). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement