Kamis 13 Apr 2023 12:45 WIB

Cara Kabupaten Gorontalo Tangani Kemiskinan Ekstrem

Kabupaten Gorontalo berupaya mengurai masalah kemiskinan ekstrem.

Kemiskinan ekstrem (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Kemiskinan ekstrem (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,GORONTALO -- Bupati Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Thariq Modanggu, memaparkan langkah strategis dan program pemerintah daerah yang dipimpinnya dalam mengatasi kemiskinan ekstrem.

"Masalah kemiskinan bukan hanya sekadar data, akan tetapi ini menjadi urusan kemanusiaan yang menjadi urusan wajib pemerintah daerah," kata Bupati Thariq, di Gorontalo, Rabu (13/4/2023).

Baca Juga

Ia telah memaparkan langkah strategis yang dilakukan pemerintah daerah tersebut, saat dirinya menjadi pembicara pada forum pemaparan perkembangan desa Kabupaten Gorontalo Utara dan penyampaian program pendamping Ceria yang agresif dan antusias melaksanakan pendataan dan pendampingan pembagian bantuan kemiskinan ekstrem, berlangsung di Kementerian Desa.

Pemerintah daerah melakukan intervensi anggaran untuk penanganan kemiskinan ekstrem. Juga mengaktifkan seluruh tenaga pendamping Ceria yang ditempatkan di setiap desa dan kecamatan, termasuk para koordinator tingkat kabupaten.

 

"Mereka diwajibkan berkoordinasi melakukan pengawalan terhadap program-program desa agar setiap data dan tindakan di lapangan dapat sinergi dan tepat sasaran," kata Bupati Thariq.

Untuk mengatasi persoalan kemanusiaan tersebut, pemerintah daerah pun memastikan para tenaga pendamping Ceria yang didanai melalui anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) kabupaten, bertugas mengawal pembagian bantuan. Baik melalui Dinas Sosial Provinsi Gorontalo maupun kabupaten.

Penyaluran bantuan dikawal agar tepat sasaran, juga menggali informasi di setiap rumah penduduk terkait pemanfaatan bantuan dan seefektif apa bantuan tersebut dapat menangani kemiskinan ekstrem.

"Ini menjadi skala prioritas untuk sangat ditangani serius. Termasuk secara periodik melakukan koordinasi dengan para kepala desa dan camat terkait program-program penanganan kemiskinan di daerah ini," imbuhnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement