Selasa 11 Apr 2023 17:03 WIB

Gede Pasek: Kita Siap Bantu Anas Ungkap Kebenaran

Ketum PKN I Gede Pasek siap membantu Anas Urbaningrum untuk ungkap kebenaran.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Bilal Ramadhan
Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum menyapa kerabat dan simpatisan usai bebas dari Lapas Kelas 1 Sukamiskin, Jalan A.H. Nasution, Arcamanik, Kota Bandung, Selasa (11/4/2023). Ketum PKN I Gede Pasek siap membantu Anas Urbaningrum untuk ungkap kebenaran.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum menyapa kerabat dan simpatisan usai bebas dari Lapas Kelas 1 Sukamiskin, Jalan A.H. Nasution, Arcamanik, Kota Bandung, Selasa (11/4/2023). Ketum PKN I Gede Pasek siap membantu Anas Urbaningrum untuk ungkap kebenaran.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Ketua Umum Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) I Gede Pasek Suardika mendatangi Lapas Sukamiskin bersama ratusan loyalis untuk menyamput kebebasan Anas Urbaningrum hari ini, Selasa (11/4/2023). Gede menegaskan, akan segera membeberkan kebenaran tentang kasus kriminalisask yang melibatkan mantan Ketua Umum DPP Partai Demokrat tersebut.

“Kalau selama ini AU (Anas Urbaningrum) di dalam lapas tidak bisa menjelaskan kebenarannya, mudah-mudahan ketika keluar dia bisa pelan-pelan menyampaikan ke publik,” ujar Pasek kepada awak media di Lapas Sukamiskin Kota Bandung, Selasa (11/4/2023).

Baca Juga

Sambil menunggu waktu pembebasan AU yang dijadwalkan dilakukan pada pukul 14.00 WIB, Gede juga menampik rumor bahwa setelah kebebasannya, AU akan mendatangi Susilo Bambang Yudhoyono.

Dia juga menegaskan bahwa setelah bebas, AU akan menggencarkan upaya untuk mengungkapkan fakta kepada seluruh pihak dan mencari keadilan yang selama ini tidak dia dapatkan.

“Nanti begitu beliau ke luar, perlahan tapi pasti akan menjelaskan apa yang terjadi yang menimpa beliau akan dilakukan dengan sungguh-sungguh, karena ikhtiar berjuang mencari keadilan harus dilakukan, dan tentu tidak mudah,” kata Gede.

“Yang pasti harus saya garisbawahi, karena ada narasi yang berkembang seakan mas anas itu akan membalas dendam, saya klarifikasi di sini beliau keluar gak akan dendam dengan siapapun karena bukan karakter beliau,” tegasnya.

Momentum kebabasan AU, kata dia, juga merupakan awal yang bagus untuk bangkit. Dia juga menyinggung banyaknya simpatisan, terbentuk dalam Loyalis Anas, yang sengaja datang untuk menyambut kebebasan Anas Urbaningrum. Banyaknya loyalis yang hadir, menurutnya membuktikan bahwa Anas merupakan korban kriminalisasi.

“Ini membuktikan saya kira apa yang dialami mas Anas memang betul memiliki nilai paswal beliau di kriminalisasi, dan yang hadir di sini adalah mereka yang bisa berpikir, menganalisa, bisa mengkaji apa yang terjadi sebelumnya sehingga kami yakini korban kriminalisasi pada mas Anas harus dilawan,” ujarnya.

Gede mengatakan akan turut mengantarkan Anas ke kampung halamannya di Blitar, Jawa Timur melalui jalur darat. Sembari itu, Gede juga mengaku akan berdiskusi lebih dalam mengenai langkah lanjutan yang akan dilakukan Anas dan PKN ke depannya. Menurutnya, sebagai praktisi dan ahli politik, peran Anas akan sangat krusial bagi PKN.

“Saya kita karena Anas adalah jajaran perumus PKN, maka beliau pasti akan mengembangkan PKN. Nanti pelan-pelan beliau akan masuk, sudah ada rencana,” ungkapnya.

“Prinsipnya karena Anas ini talentanya politik maka kami berikhtiar siapkan kendaraan untuk berkompetisi dan kami sudah dapatkan nomor 9, kami juga sudah tidak ikut campur dengan demokrat, karena kami sama-sama bertanding dan kami siap melawan,” pungkasnya.

Perlu diketahui, ratusan sahabat Anas Urbaningrum (AU) mulai memadati area halaman Lapas Sukamiskin, Kota Bandung sekitar pukul 10.30 WIB, Selasa (11/4/2023). Mereka hendak menyambut mantan ketua umum Partai Demokrat tersebut yang akan bebas pukul 14.00 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement