Ahad 09 Apr 2023 15:58 WIB

Rumah Pemandangan Air Terjun di Cianjur Selatan Viral, RK: Rezeki Abah Jajang

Curug Citambur menjadi salah satu air terjun terbaik dari 400 di Jawa Barat.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Gita Amanda
Suasana rumah abah Jajang di Kampung Rawadewa, Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur yang viral karena menghadap Curug Citambur.
Foto: Dok.Republika
Suasana rumah abah Jajang di Kampung Rawadewa, Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur yang viral karena menghadap Curug Citambur.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sebuah rumah sederhana milik Abah Jajang yang berada tidak jauh dari air terjun atau Curug Citambur, Cianjur Selatan viral di media sosial. Rumah tersebut dikelilingi oleh pemandangan alam yang indah dan objek wisata curug yang bagus.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun mendatangi rumah tersebut seusai mendapatkan undangan secara terbuka dari Abah Jajang di media sosial. Ia mengatakan Curug Citambur menjadi salah satu air terjun terbaik dari 400 di Jawa Barat.

"Rezeki bagi Pak Jajang hebatnya dia tidak peduli orang mau nawar berapa karena kebahagian tidak dilihat (dari uang)," ujarnya kepada wartawan saat peresmian Klinik Pratama Yellow Clinic milik Partai Golkar di Jalan Maskumambang, Ahad (9/4/2023).

Ia mengakui kehebatan jurnalisme warga yang dapat mempromosikan pariwisata. Air terjun Citambur sendiri merupakan salah satu dari 400 air terjun yang baik di Jawa Barat.

"Saya ke sana menghormati undangan, kebetulan ada beberapa kegiatan di Ciwidey," katanya.

Ridwan Kamil melanjutkan Abah Jajang tinggal sejak lama di wilayah tersebut. Ia mengimbau masyarakat yang ingin berinteraksi ke sana dan mempromosikan destinasi wisata untuk tetap bertanggung jawab.

Ia mengatakan akses ke lokasi dari Ciwidey relatif bagus. Namun, akses dari Cianjur Selatan masih harus diperbaiki terlebih dahulu. "Kadang kalau viral itu ada keramaian yang tidak bertanggung jawab," katanya.

Ridwan Kamil menambahkan Curug Citambur berada di area Perhutani. Namun, dengan halaman yang langsung berhadapan dengan air terjun dinilai aneh bagi orang perkotaan. 

"(Destinasi wisata) iya dari Perhutani cuma punya halaman sekeren itu bagi orang kota aneh," katanya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement