Jumat 07 Apr 2023 23:23 WIB

Jelang Arus Mudik, Pemkab Sukabumi Benahi Jalur Alternatif

Banyak jalan kabupaten yang sering dijadikan jalur alternatif ketika arus mudik.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Qommarria Rostanti
Pekerja memasang pembatas jalan di jalur mudik (ilustrasi). Pemerintah Kabupaten Sukabumi akan terus membenahi jalan kabupaten demi mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2023.
Foto: ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Pekerja memasang pembatas jalan di jalur mudik (ilustrasi). Pemerintah Kabupaten Sukabumi akan terus membenahi jalan kabupaten demi mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Pemerintah Kabupaten Sukabumi melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, terus membenahi ruas jalan kabupaten yang menjadi tanggung jawab dan kewenangannya. Langkah tersebut dilakukan demi mendukung kelancaran arus lalu lintas pada momen arus mudik dan balik Lebaran 2023.

"Apalagi, banyak jalan kabupaten yang sering dijadikan alternatif ketika arus mudik atau berwisata," ujar Kepala DPU Kabupaten Sukabumi Asep Japar, Jumat (7/4/2023).

Baca Juga

Dia berharap, jalan kabupaten dalam kondisi memadai ketika arus mudik tiba. Asep menyebut, saat ini proses perbaikan jalan terus dilakukan. Ketika musim mudik tiba, jalan nasional ataupun provinsi biasanya sering padat dilalui kendaraan. Apabila jalan kabupaten sudah jadi, diharapkan bisa menjadi jalur alternatif bagi pemudik.

Dia mengatakan, jalan kabupaten di sejumlah wilayah akan diperbaiki untuk kelancaran akses masyarakat. "Jalan alternatif, jalur mudik dan wisata menjadi prioritas pertama untuk perbaikan," kata Asep.

Ada juga jalan berlubang dan ambles yang akan diperbaiki. Diprediksi akan banyak perbaikan jalan di Sukabumi menjelang Lebaran.

Asep meminta maaf apabila nanti perjalanan masyarakat terganggu akibat proses perbaikan jalan. "Semoga para pengendara bisa memahami jalan yang dilintasi tengah diperbaiki," ujarnya.

Sebelumnya, Kota Sukabumi juga berbenahi dalam perbaikan jalan kota untuk menghadapi arus mudik Lebaran. "Lebaran ini infrastruktur di Kota Sukabumi terus diperkuat, gubernur datang beberapa waktu lalu untuk memperkuat infrastruktur provinsi," kata Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi.

Dia berharap warga bisa nyaman berkendara di momen istimewa Idul Fitri. Fahmi mengatakan, ada empat ruas jalan kota yang jadi perhatian dan diharapkan pada akhir Ramadhan bisa tuntas dibangun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement