Jumat 07 Apr 2023 21:20 WIB

Pemudik Mulai Terlihat Ramai di Stasiun Pasar Senen

Hingga hari ini, tiket kereta di Stasiun Pasar Senen dan Gambil terjual 447 ribu.

Pemudik di Stasiun Pasar Senen (ilustrasi). Pemudik mulai terlihat ramai di Stasiun Pasar Senen pada Jumat (7/4/2023).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Pemudik di Stasiun Pasar Senen (ilustrasi). Pemudik mulai terlihat ramai di Stasiun Pasar Senen pada Jumat (7/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemudik mulai terlihat ramai di Stasiun Pasar Senen di Jakarta Pusat pada Jumat (7/4/2023) yang merupakan hari libur nasional. Sebagian pemudik memilih pulang kampung lebih awal untuk menghindari keramaian dan kemacetan lalu lintas.

"Karena lalu lintas di Jakarta tidak terlalu macet, karena saya tinggal di Depok," kata salah satu pemudik dari Depok, Firman (35) di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Jumat (7/4/2023).

Baca Juga

Selain itu, alasan Firman mudik bersama istri dan anak ke Banyuwangi, Jawa Timur, pada hari libur nasional ini agar terhindar dari keramaian pemudik menjelang Lebaran 2023. "Satu, menghindari mudik yang lebih padat kalau dekat-dekat sama hari raya, khawatir penuh atau sesak. Kemudian dari sisi pekerjaan memang memungkinkan untuk bisa mudik lebih awal, bisa kerja dari rumah," ujar Firman.

Pada mudik tahun lalu, Firman dan keluarga memilih menggunakan pesawat. Namun, tahun ini Firman memilih naik kereta karena dinilai lebih aman dan nyaman sehingga bisa menikmati perjalanan.

 

"Kereta sekarang lebih nyaman, fasilitasnya juga bagus, sistem pendukungnya juga bagus, kami tidak direpotkan dengan tempat duduk yang misalnya harus berebut dan lainnya. Dari sisi fasilitas juga mendukung, sudah memadai," jelas Firman.

Pengalaman mudik tahun ini menjadi pertama kalinya untuk Firman khususnya anaknya. Kereta api, kata Firman, setidaknya lebih santai untuk menikmati perjalanan.

"Sekaligus tidak terlalu terburu-buru karena memang diniati agak jauh dari Hari Raya, kami mudik lebih awal agar bisa menikmati perjalanan juga dan juga di kampung lebih santai. Jadi untuk kami kereta api ini menjadi pilihan yang paling, bahkan pilihan paling ekonomis karena jauh dibandingkan harga tiket pesawat," kata Firman.

Hal senada disampaikan mahasiswa dari Bandung bernama Atrini (23). Dia memilih untuk balik ke Jakarta lebih awal pada libur nasional. "Karena kan kuliahnya online, terus liburnya enggak sampai satu pekan, jadi mendingan pulang lebih awal gitu, emang dapat tiketnya di tanggal merah juga," kata Atrini.

Keberangkatan masa angkutan Lebaran di Stasiun Gambir dan Pasar Senen memasuki pekan ketiga Ramadhan pada Jumat (7/4/2023) sudah terjual sebanyak 447 ribu tiket. Dari jumlah tersebut, mayoritas pemesanan dilakukan untuk jadwal keberangkatan pada tanggal favorit seperti H-5 sampai H-1 Lebaran atau tanggal 17 hingga 22 April 2023.

"Tiket terjual pada tanggal-tanggal tersebut tingkat okupansi volume penumpang sudah mencapai 85 hingga 97 persen," ujar Kahumas KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa.

Hingga hari ini, terpantau keberangkatan di Stasiun Gambir dan Pasar Senen mulai ramai pemudik yang ingin pulang kampung lebih awal. Namun, jumlah penumpang masih terhitung normal sesuai rata-rata harian pada saat menjelang akhir pekan.

 

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement