Jumat 07 Apr 2023 10:06 WIB

KSAL Siap Kerahkan Satu Kapal untuk Angkut Pemudik Motor

Jika dibutuhkan, TNI AL siap menyediakan KRI angkut pemudik sepeda motor gratis.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Erik Purnama Putra
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana Muhammad Ali.
Foto: Dok Dispenal
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana Muhammad Ali.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana Muhammad Ali menyampaikan, pihaknya siap melakukan pengamanan bagi para pemudik yang menggunakan jalur laut. Ali menyatakan, jika memang dibutuhkan, TNI AL siap menyediakan satu kapal untuk memberangkatkan para pemudik, khususnya pengguna sepeda motor.

Dia siap menyediakan kapal angkut untuk pemudik apabila pemerintah memerintahkan. Sehingga, para pemudik nantinya tidak perlu bayar alias gratis. "Kami siapkan KRI kalau perlu. Satu kapal dulu (rencananya). Gratis, terutama untuk pemudik yang memakai motor" kata Ali saat ditemui di Dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara, Kamis (6/4/2023).

Dia menjelaskan, TNI AL perlu terlibat dalam pengamanan mudik Lebaran 2023. Hal itu mengingat jumlah pemudik tahun ini diperkirakan meningkat signifikan melebihi sebelum pandemi Covid-19. "Karena setelah Covid ini diperkirakan jumlahnya melebihi sebelum Covid," kata Ali.

Ali pun mengimbau agar para pemudik dengan kendaraan roda dua sebaiknya menghindari jalur darat. selain tergolong berbahaya karena berpotensi terjadi tabrakan, juga demi keselamatan mereka dan keluarga.

"Mudik dengan motor itu tentu bahaya, tapi kalau melalui jalur laut, dengan kapal ini motor ini bisa dimasukkan. Jadi aman. Masuk bisa istirahat di dalam kapal. Sehingga lebih santai," tutur Ali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement