Rabu 05 Apr 2023 21:39 WIB

Masih Ragu Daftar D4? Dekan Fakultas Vokasi ITS Ungkap Keunggulan Sarjana Terapan

ITS sosialisasikan penerimaan mahasiswa baru jalur SNBT 2023.

Tim Barunastra dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mempersiapkan kapal tanpa awak untuk dipertunjukan di sela-sela pelepasan tim robot ITS untuk berlaga di RoboCup International 2018 Montreal Canada, di Kampus ITS, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (5/6/2018). ITS memiliki delapan prodi jenjang D4 dan 31 jenjang S1.
Foto:

Sementara itu, Koordinator Humas dan Promosi SNPMB Dr. Ismaini Zain M.Si., mengatakan ada sejumlah perbedaan antara SNBT dengan SBMPTN. Perbedaan utama terletak pada materi tes seleksi SNBT meski menggunakan metode seleksi yang sama seperti sebelumnya, yakni berbasis nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Tes yang berlangsung selama 195 menit ini terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS), penalaran matematika, literasi dalam Bahasa Indonesia, dan literasi dalam Bahasa Inggris. Tes Kemampuan Akademik (TKA) untuk Saintek maupun Soshum telah dihapus sehingga siswa berkesempatan untuk bersaing di prodi yang berlawanan dengan peminatannya selama SMA.

Ismaini menjelaskan, proses PMB untuk program Sarjana (S1) dan Sarjana Terapan (D4) saat ini berlangsung secara bersamaan, tidak lagi terpisah seperti pada 2022 lalu. Ia menyebut, baik jenjang S1 maupun D4 memiliki kualitas akademik yang sama menjanjikannya.

"Siswa tak perlu ragu untuk bersaing di jenjang sarjana terapan," tutur dosen Departemen Statistika ITS ini.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement