Kamis 21 Dec 2023 21:28 WIB

Tips SNBT 2024, Kenali Tipe Soal Lewat Try Out

Dengan mengikuti try out calon peserta dapat mengukur kemampuan sebenarnya.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Gita Amanda
 Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2024 menjadi langkah penting menuju perjalanan pendidikan tinggi yang diimpikan. (ilustrasi)
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2024 menjadi langkah penting menuju perjalanan pendidikan tinggi yang diimpikan. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2024 menjadi langkah penting menuju perjalanan pendidikan tinggi yang diimpikan. Salah satu tantangan utama dalam menghadapi SNBT adalah kemampuan mengatasi berbagai jenis soal yang diujikan. Berikut sejumlah tips untuk menghadapi soal SNBT 2024, yang erat kaitannya dengan mengikuti try out soal.

"Try out tidak hanya sekadar simulasi ujian, tetapi juga menjadi landasan penting bagi calon mahasiswa untuk mengukur kemampuan, mengidentifikasi kelemahan, dan memperoleh pengalaman nyata sebelum mengikuti SNBT yang sesungguhnya," kata CEO Cerebrum.id Aditya Pratama Ghifary lewat keterangan tertulis, Kamis (21/12/2023).

Baca Juga

Aditya mengatakan, mengikuti try out dalam masa persiapan memiliki sejumlah manfaat. Pertama, calon peserta dapat mengukur kemampuan sebenarnya. Lewat try out, calon peseeta bisa mendapat gambaran nyata mengenai kemampuan calon mahasiswa dalam menghadapi ujian. Hasil dari try out dapat menjadi tolak ukur yang akurat terkait sejauh mana persiapan telah dilakukan.

"Dengan try out, calon peserta dapat mengidentifikasi kelemahan dan kelebihan mereka dalam pemahaman materi. Hal tersebut membantu peserta untuk fokus meningkatkan pada area yang masih perlu perbaikan," kata dia.

Manfaat berikutnya, calon peserta bisa lebib memahami format soal. Menurut Aditya, SNBT memiliki format soal yang khas. Try out, kata dia, dapat membantu calon peserta untuk akrab dengan tipe-tipe soal yang mungkin muncul. Dengan demikian mereka dapat mengembangkan strategi pengerjaan yang efektif.

Keempat, try out membantu calon peserta dalam menghitung atau mengasah kemampuan manajemen waktu ketika tes dilakukan. Dengan waktu yang terbatas, jelas Aditya, peserta perlu belajar untuk mengalokasikan waktu dengan bijak untuk setiap bagian ujian.

"Try out juga bisa mengurangi kecemasan. Melalui partisipasi aktif dalam try out, peserta dapat mengurangi tingkat kecemasan dan meningkatkan rasa percaya diri mereka saatmenghadapi SNBT sebenarnya," kata dia.

Menurut Aditya, para calon peserta SNBT perlu untuk memahami pola soal. Setelah memahami jenis soal, kata dia, identifikasi juga pola-pola yang sering muncul. Dia menilai, hal tersebut akan membantu mengembangkan strategi dalam menjawab soal dengan lebih efektif.

"Latihan soal dengan memperhatikan waktu adalah kunci keberhasilan. Terapkan manajemen waktu yang baik untuk menjawab setiap jenis soal tanpa terburu-buru," ujar dia.

Langkah-langkah di atas dapat dilakukan salah satunya dengan bergabung bimbingan belajar (bimbel) SNBT. Aditya mengatakan, dengan bergabung dengan bimbel SNBT seperti Cerebrum.id, para calon peserta dapat memberikan panduan khusus, latihan soal yang terarah, dan tips-tips strategis dalam menghadapi SNBT.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement