Rabu 05 Apr 2023 10:35 WIB

Lima Artis Ini Nyaris Terseret Kasus Pencucian Uang

Lima artis ini nyaris terlibat dalam penanganan kasus tindak pidana pencucian uang.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Bilal Ramadhan
Pencucian Uang (Ilustrasi). Lima artis ini nyaris terlibat dalam penanganan kasus tindak pidana pencucian uang.
Foto: businesstm.com
Pencucian Uang (Ilustrasi). Lima artis ini nyaris terlibat dalam penanganan kasus tindak pidana pencucian uang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang dilakukan Rafael Alun, terkuak melibatkan sosok figur publik berinisial R. Meskipun belum disebutkan siapa orang tersebut, namun ini membawa kembali pada beberapa figur publik yang pernah hampir terjerumus dalam TPPU.

Ketika melakukan penyelidikan terkait TPPU, penyidik harus melakukan follow the money, yang merupakan atas dasar rekomendasi Financial Action Task Force on Money Laundering (FATF). Berikut ini adalah beberapa nama figur publik yang sempat diduga terlibat kasus TPPU.

Baca Juga

1. Rossa

Nama penyanyi solo wanita Rossa, sempat dibawa-bawa dalam kasus yang menjerat DNA Pro pada April 2022 lalu. Rossa sempat menyerahkan honornya saat menyanyi untuk salah satu acara DNA Pro senilai Rp 172 juta.

Saat itu, juga terjadi semacam pro dan kontra karena honor Rossa ini dianggap sebagai hak Rossa yang sudah menjalankan kewajiban bernyanyi, terlepas dari mana asal uang itu. Diibaratkan ketika pelaku pergi berobat ke dokter atau makan di warung makan, seharusnya uang yang telah diberikan sebagai transaksi tidak perlu disita.

2. Ivan Gunawan

Masih dalam kasus yang sama dengan TPPU yang dilakukan DNA Pro, Ivan Gunawan juga menyerahkan uang senilai Rp 921,7 juta. Ivan sempat disebut terlibat dalam TPPU lantaran didapuk sebagai brand ambassador DNA Pro. Namun, penyidik telah melakukan pemeriksaan dan memutuskan Ivan tidak terlibat.

3. Atta Halilintar

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement