Senin 03 Apr 2023 05:21 WIB

Dinkes Kota Bekasi Siapkan Vaksin Polio untuk 241.416 Anak

Pelaksanaan Sub PIN Polio di Kota Bekasi digelar selama sepekan pada 3-9 April 2023.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Erik Purnama Putra
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi, Tanti Rohilawati.
Foto: Republika/Riza Wahyu Pratama
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi, Tanti Rohilawati.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi sudah mulai mempersiapkan pelaksanaan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) jenis Novel Oral Polio Vaccine Type 2 (nOPV2). Vaksinasi tersebut diberikan kepada 241.416 anak usia 0 sampai 59 bulan dengan kemasan 50 dosis per vial.

"Perlu segera disosialisasikan khususnya oleh puskesmas setempat agar para orang tua dapat hadir. Kami targetkan sekitar 241.416 anak mendapat vaksinasi," kata

Kepala Dinkes Kota Bekasi, Tanti Rohilawati melalui keterangan tertulisnya di Kota Bekasi, Jawa Barat (Jabar), Ahad (2/4/2023).

Tanti mengatakan, untuk menjalankan vaksinasi tersebut, Dinkes Kota Bekasi telah berkoordinasi dengan rumah sakit (RS) swasta dan 43 klinik. Semua pihak harus ikut serta dalam mendukung program pemerintah. "Untuk itu kami meminta masyarakat membawa balitanya ke Pos PIN terdekat," kata Tanti

 

Menurut dia, pelaksanaan Sub PIN Polio digelar selama sepekan pada 3-9 April 2023 di beberapa titik di Kota Bekasi. Di antaranya, posyandu, puskesmas, RS swasta, dan 43 klinik. Sub PIN dilakukan dalam dua putaran dengan target capaian 95 persen.

"Masing-masing putaran dilakukan selama satu pekan . Putaran kedua akan dilaksanakan satu bulan kemudian," katanya. Tanti mengatakan, Provinsi Jabar menjadi daerah ke tiga di Indonesia yang melaksanakan Sub PIN Polio. Adapun Kota Bekasi akan melaksanakannya pekan depan.

Untuk itu, dia mengajak seluruh RS swasta dan klinik untuk ikut serta dalam program Sub PIN Polio. "Kami juga berharap puskesmas dan posyandu yang ada di RW untuk membantu sosialisasi kepada masyarakat," ujar Tanti.

Dia menybeut, pelaksanaan Sub PIN Polio perlu segera disosialisasikan, khususnya oleh pegawai puskesmas agar para orang tua dapat hadir. Dalam pelaksanaannya, Dinkes Kota Bekasi terus memantau pelayanan imunisasi, termasuk cakupan imunisasi PIN. "Kami juga mantau penggunaan vaksin, stok vaksin, serta dropper harian," kata Tanti.

Tanti menegaskan pentingnya peran serta semua pihak, baik RS, puskesmas, posyandu, termasuk media, dan semua pihak terkait dalam suksesnya penyelenggaraan Sub PIN Polio. Dia berharap Sub PIN Polio dapat terlaksana tanpa hambatan di lapangan.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement