Sabtu 01 Apr 2023 09:48 WIB

Pantai Kelingking di Bali Kembali Masuk Jajaran Predikat Pantai Terbaik di Dunia 2023

Pantai ini berada di Nusa Penida, Klungkung, Bali.

Wisatawan mengunjungi Pantai Kelingking, Nusa Penida, Klungkung, Bali, beberapa waktu lalu.
Foto: ANTARA/Fikri Yusuf
Wisatawan mengunjungi Pantai Kelingking, Nusa Penida, Klungkung, Bali, beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, BALI -- Keindah alam Indonesia kembali memikat Dunia, Pantai Kelingking atau Kelingking Beach di Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali masuk dalam daftar pantai terbaik di dunia 2023 atau Best Beaches in The World 2023.  Pantai Kelingking berada di peringkat 16 dari 25 pantai terbaik di dunia 2023. Daftar ini merupakan bagian dari penghargaan Travelers' Choice Awards 2023 dari situs perjalanan TripAdvisor

“Penghargaan Travelers’ Choice dari TripAdvisor ini sebelumnya juga kami terima di tahun 2019 sebagai pantai terbaik di Dunia, dan terbaik kedua di Asia,” ujar Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta saat ditemui di Kantor Bupati, seperti dilansir dari Antara, Sabtu (1/4/2023).

Baca Juga

“Kami bersyukur tahun ini Pantai Kelingking kembali mendapatkan predikat pantai terbaik dunia dari para wisatawan seluruh Dunia,” kata dia melanjutkan.

Situs TripAdvisor sendiri adalah sebuah situs wisata terbesar di dunia yang membantu wisatawan dalam merencanakan dan memesan perjalanan wisata mereka selain itu TripAdvisor dapat memberikan rekomendasi tentang hotel, resort, penginapan, liburan, paket perjalanan, pemandu perjalanan.

Tagline pulau Nusa Penida yang kami sematkan yaitu The Blue Paradise Island sangat menggambarkan keindahan pulau Nusa Penida terutama Kelingking Beach, hal ini yang mungkin menjadikan para wisatawan terpukau oleh keindahan perairan biru yang jernih dan juga petualangan bawah lautnya,” kata Suwirta.

Seperti dilansir dari Antara, Usai terpilih menjadi ‘Top 16 Pantai Terbaik di Dunia 2023’, Pantai Kelingking memang menawarkan sesuatu yang menarik kepada para wisatawan. Pantai ini kerap disebut sebagai salah satu hidden gem yang ada di Nusa Penida.

Di Pantai Kelingking, terdapat lekukan tebing karang unik yang mirip leher Tyrannosaurus Rex (T-Rex) yang menjorok ke pantai. Pantai ini memiliki titik menyelam populer bernama Manta Point. Di sana, anda bisa menyelam ke bawah laut dan melihat kecantikan ikan Manta (ikan pari terbesar di dunia) sekaligus berenang bebas bersamanya.

Selain TripAdvisor, pengharagaan Internasional lainnya juga kerap diberikan kepada Pantai yang formasi tebing batu dan bukit yang memanjang  menyerupai tulang punggung dinosaurus T-Rex. Salahsatunya yakni, Pantai Paling Populer di Instagram 2021 dan peringkat ke-9 Pantai Paling Cantik di Asia 2021 versi CNN Travel.

"Kami berharap predikat pantai terbaik ini dapat membawa dampak positif bagi para pelaku UMKM di Nusa Penida, khususnya pantai Kelingking. Sarana dan Prasarana terus kami tingkatkan saat ini hotel dan restoran terbaik sudah banyak tersedia di Nusa Penida, tidak lengkap jika ke Bali, tidak menginap di Nusa Penida," ujar Suwirta.

"Sejak 2015 kami telah membangun dan memperbaiki infrastruktur mulai dari pelabuhan, jalan dna fasilitas - fasilitas di Objek Wisata," kata dia melanjutkan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement