Kamis 30 Mar 2023 11:10 WIB

Jembatan Marunda Ambles Akibat Sopir Truk Nekat Melintas

Lurah menutup jembatan di Jalan Rumah Si Pitung, dialihkan ke arah Rusun Marunda.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Erik Purnama Putra
Akses jembatan ambles (ilustrasi).
Foto: dok. istimewa
Akses jembatan ambles (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lurah Marunda, Agung Dian Cahyono mengatakan, jembatan di Jalan Rumah Si Pitung, Kelurahan Marunda, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara (Jakut) ditutup sementara. Sehingga, akses di kawasan tersebut dialihkan menuju Rumah Susun Marunda melewati Jalan Masjid Al Alam.

"Jalan ditutup sementara. Warga sudah kami imbau memutar ke Rumah Susun Marunda," kata Agung dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id di Jakarta pada Kamis (30/3/2023).

Jembatan jalan utama Rumah Si Pitung di Jalan Marunda Pulo, RT ,RW 07, Marunda, Cilincing, Jakut ambles akibat ulah sopir truk yang nekat melintas meski kondisi jalanan sempit. "Warga setempat memasang penanda berupa bambu untuk menghalau pengendara yang mencoba melintas," dikutip Republika.co.id dari akun Instagram Jakut.Info.

Sementara itu, Koordinator Lapangan Suku Dinas Bina Marga Kota Jakut, Trisno mengatakan, jembatan ambles di bagian omprit naik dan turun. Permukaan omprit yang sejatinya berisi tanah uruk mengalami penurunan. "Jalan ditutup sementara agar menghindari semakin parahnya kerusakan jembatan," kata Trisno.

Usai diperiksa, sambung dia, dipastikan jembatan bakal diperbaiki secepatnya. Perbaikan akan dilakukan dengan cara membobok omprit yang dilanjutkan dengan menambah urunan tanah dan mengecornya kembali. "Secepatnya akan diperbaiki. Diperkirakan perbaikan memakan cukup lama karena adanya proses pengecoran," ucap Trisno.

Haura Hafizhah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement