Rabu 29 Mar 2023 00:27 WIB

Jokowi Tegaskan Indonesia Konsisten Perjuangkan Kemerdekaan Palestina

Presiden Jokowi menegaskan Indonesia konsisten memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Bilal Ramadhan
Presiden Jokowi. Presiden Jokowi menegaskan Indonesia konsisten memperjuangkan kemerdekaan Palestina.
Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
Presiden Jokowi. Presiden Jokowi menegaskan Indonesia konsisten memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, Indonesia akan selalu konsisten dan teguh dalam memperjuangkan dan mendukung kemerdekaan bangsa Palestina. Selain itu, Indonesia juga akan terus mendukung penyelesaian solusi dua negara (two state solution) antara Israel dan Palestina.

Prinsip dan dukungan Indonesia ini sesuai dengan konstitusi yang menyebutkan menolak penjajahan dalam bentuk apapun. Jokowi menyebut, prinsip Indonesia ini selalu disampaikan dalam berbagai forum internasional, bilateral, maupun multilateral.

Baca Juga

“Prinsip negara kita Indonesia yang selalu konsisten dan teguh dalam memperjuangkan dan mendukung kemerdekaan bangsa Palestina dan mendukung penyelesaian two-state solution negara Israel dan negara Palestina merdeka. Ini sesuai dengan konstitusi menolak penjajahan dalam bentuk apapun,” ungkap Jokowi dalam pernyataannya terkait Piala Dunia U-20, yang disiarkan melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (28/3/2023).

Terkait keikutsertaan Timnas Israel di Piala Dunia U-20 2023, Jokowi menjamin tak ada kaitannya dengan konsistensi politik luar negeri Indonesia terhadap Palestina. Sebab, dukungan Indonesia kepada Palestina selalu kokoh dan kuat.

“Saya menjamin keikutsertaan Israel tidak ada kaitannya dengan konsistensi posisi politik luar negeri kita terhadap Palestina. Karena dukungan kepada Palestina selalu kokoh dan kuat,” ungkapnya.

Jokowi juga mengatakan pemerintah sependapat dengan Duta Besar Palestina untuk Indonesia bahwa FIFA memiliki aturan yang harus ditaati oleh anggotanya. Karena itu, ia meminta agar tak mencampuradukkan urusan olahraga dengan urusan politik.

“Jadi jangan mencampuradukan urusan olahraga dan urusan politik,” kata Jokowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement