Kamis 23 Mar 2023 01:27 WIB

Wagub Sumut Bangga Kabupaten Karo Bisa Hasilkan Kurma

Banyak wisatawan datang hanya untuk melihat kebun kurma.

Ilustrasi kebun kurma.
Foto: ANTARA/Rivan Awal Lingga
Ilustrasi kebun kurma.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshahbangga Kabupaten Karo menjadi daerah yang berhasil menanam dan menghasilkan kurma di provinsi itu.

"Di Sumut, satu-satunya daerah dimana kurma bisa ditanam dan berbuah hanya di sini. Luar biasa, panen sawit sudah biasa, panen kurma luar biasa," ujarijeck sapaan akrab Musa Rajekshah saat mengunjungi kebun kurma milik Bena Ukur Tarigan di Kutambaru, Kabupaten Karo, Rabu (22/3/2023).

Baca Juga

Tak hanya itu, buah yang dihasilkan kebun kurma milik Bena Tarigan, diakui Ijeck, memiliki rasa yang sama dengan rasa kurma dari Madinah. Hal ini, menurutnya, menjadi satu berkah bagi masyarakat setempat.

?Rasanya sama seperti kurma ruthob yang dibeli di Madinah. Ini luar biasa, bersyukur masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Karo, mudah-mudahan bisa banyak Pak Bena Tarigan yang lain di Karo, supaya semakin banyak lagi orang datang ke Karo. Ekonomi berputar, masyarakatnya lebih makmur sejahtera,? katanya.

Ijeck mengatakan banyak wisatawan baik wisatawan lokal, domestik hingga mancanegara datang ke Karo, hanya ingin sekedar melihat kebun kurma.

"Tanah Karo ini beruntung ada Pak Bena Tarigan yang mau tanam kurma, membuat Tanah Karo semakin terkenal di mana-mana, tadi ada pengunjung yang mengaku ke Karo cuma mau lihat pohon kurma dari Simalungun. Kalau pohon salak, pohon naga di mana-mana banyak, di Sumut satu-satunya kurma yang ditanam berbuah di sini," ujar Ijeck.

Bena Ukur Tariganbersyukur Wagub Sumut Musa Rajekshahdapat memenuhi undangan dari dirinya.

"Bapak Wagub ini datang ke kebun kurma sudah tiga kali, banyak bimbingan dan arahan yang diberikan Beliau kepada saya sehingga saya dapat berhasil seperti ini. Kami sangat berbangga sekali Pak Wagub bisa datang," ujar Bena

Pohon kurma di Kutambaru, Kabupaten Karo tersebut ditanam sejak tahun 2017 di kawasan dengan ketinggian 750 mdpl dengan luas lahan 1.800 meter persegi.

Di areal itu terdapat sebanyak 200 pohon kurma terdiri atas 35 pohon kurma jenis jantan dan 165 lainnya betina.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement