Selasa 21 Mar 2023 19:50 WIB

Publik Pilih Erick Thohir Sebagai Calon Wapres Pekerja Keras

Erick Thohir sebagai salah satu menteri dengan kinerja terbaik menurut publik

Erick Thohir muncul di posisi teratas setelah Prabowo Subianto sebagai menteri dengan kinerja terbaik dalam survei Indo Barometer.  (ilustrasi)
Foto: Bumn
Erick Thohir muncul di posisi teratas setelah Prabowo Subianto sebagai menteri dengan kinerja terbaik dalam survei Indo Barometer. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Erick Thohir muncul di posisi teratas setelah Prabowo Subianto sebagai menteri dengan kinerja terbaik dalam survei Indo Barometer. Erick menjadi pilihan publik yang menjawab pertanyaan lembaga survei itu tentang siapa menteri di Kabinet Indonesia Maju yang berkinerja paling bagus. 

Indo Barometer mencatat 12,4 persen dari total responden memilih Prabowo Subianto dan 9,0 persen responden memilih Erick Thohir, pada posisi pertama dan kedua. 

Survei yang dilaksanakan di 33 provinsi tersebut juga memunculkan nama-nama menteri lainnya setelah Erick Thohir, yaitu secara berurutan Sandiaga Uno (7,6 persen), Tri Rismaharini (5,7 persen), Sri Mulyani (4,2 persen), Mahfud MD (4,1 persen), dan Nadiem Makarim (3,9 persen).

Dalam survei terbaru Indo Barometer yang digelar pada 12-24 Februari 2023 ini, Erick Thohir juga muncul sebagai salah satu Calon Wakil Presiden (Cawapres) pilihan tertinggi publik. 

Erick Thohir menjadi pilihan tertinggi publik dengan angka 22,9 persen, disusul Khofifah Indar Parawansa (15,8 persen), Muhaimin Iskandar (6,7 persen), Puan Maharani (6,3 persen) dan Chairul Tanjung (2,7 persen). 

Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari menyatakan nama Erick Thohir muncul sebagai cawapres tertinggi disebabkan oleh sejumlah alasan. “Salah satu alasan yang terlihat menonjol dari hasil survei adalah penilaian kepada Erick Thohir sebagai salah satu menteri dengan kinerja terbaik menurut publik,” ujar Qodari, dalam siaran persnya.

Indo Barometer menyelenggarakan survei dengan tajuk Pemilu 2024: Konstelasi, Variabel Penentu dan Pemenangnya. Responden survei ini adalah warga negara Indonesia yang sudah mempunyai hak pilih, yaitu warga berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah pada saat survei dilakukan.

Metode penarikan sampel yang digunakan adalah Stratified random sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement