Selasa 21 Mar 2023 13:07 WIB

Pedagang dan UMKM Pertahanan Ekonomi Rakyat Terhebat di Indonesia

Menurut Heikal, Anies menyinggung pelaku UMKM jaga stabilitas ekonomi di Indonesia.

Bakal calon presiden (bacapres) 2024, Anies Rasyid Baswedan saat melantik pengurus DPW Garpu DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat di Kota Bekasi, Senin (20/3/2023).
Foto: Dok Garpu
Bakal calon presiden (bacapres) 2024, Anies Rasyid Baswedan saat melantik pengurus DPW Garpu DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat di Kota Bekasi, Senin (20/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Nasdem menggemparkan Kota Bekasi dengan menghadirkan bakal calon presiden (bacapres) 2024, Anies Rasyid Baswedan dalam rangka acara pelantikan organisasi sayap partai, yaitu DPW Gerakan Restorasi Pedagang dan UMKM (Garpu) DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat (Jabar) di sebuah hotel ternama di Kota Bekasi, Senin (20/3/2023).

Turut hadir dalam acara itu, di antaranya Ketua Umum DPP Garpu Pietra Paloh, Sekjen DPP Garpu Husendro, Dewan Pertimbangan DPP Partai Nasdem Dr Ayu Alwiyah Al Jufri, Dewan Pakar DPP Partai Nasdem Habib Mohsen Hasan Al Hinduan, Prof Dr Lalu Tjuk Sudarmadi, Prof Dr Yusherman, Prof Dr Sidratahta, Ketua DPP Nasdem Ivanhoe, Dirut Jakabaring Meina Paloh, dan Ketua DPW Garpu Jabar Heikal Safar.

Menurut Heikal Safar, kehadiran Anies disambut meriah ribuan simpatisan maupun pengurus Garpu, dan DPD Partai Nasdem Kota Bekasi maupun Jabar. Dia menilai, kehadiran Anies merupakan momentum bagi para pelaku ekonomi mikro yang tergabung dalam Garpu untuk menyampaikan program kerja maupun gagasan dalam mengembangkan  usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Menurut saya, pedagang dan pelaku UMKM adalah pertahanan ekonomi terhebat di seluruh Indonesia," kata Heikal yang berniat maju sebagai wali kota Bekasi 2024 saat ditemui di kantor DPW Garpu Jabar, Jalan Raya Kalimalang, Kota Bekasi, Selasa (21/3/2024).

Heikal menuturkan, dalam acara pelantikan, Anies memberi ucapan selamat kepada masing-masing kepada pengurus DPW Garpu DKI Jakarta, Banten, dan Jabar. Dia menjelaskan, Anies menyinggung pelaku UMKM di seluruh Indonesia, yang jumlahnya sangat besar dan potensial dalam menjaga stabilitas ekonomi di Indonesia.

Sehingga, diharapkan Garpu bisa membantu program pelaku UMKM untuk bisa terus berkembang. Menurut Heikal, keberadaan pelaku UMKM terbukti bisa membantu pemerintah dalam penyediaan lapangan pekerjaan.

Anies menyebut, jika para pelaku ekonomi mikro berkembang di seluruh Indonesia yang sangat banyak jumlahnya tersebut, sehingga angka potensial penyerapannya tenaga kerjanya juga sangat luar biasa besar. "Dan begitu juga akan ada banyak keluarga yang terbantu meningkatkan kesejahteraan lewat kegiatan UMKM dari Garpu," kata Anies.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement