Ahad 12 Mar 2023 20:15 WIB

PAPRI Kembangkan Ekosistem Musik dan Seni Daerah Sigi

Musik dan seni daerah wasilah mengembangkan kearifan daerah Sigi.

Ilustrasi bermain musik. Daerah Sigi berkomitmen mengembangkan musik dan seni daerah.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Ilustrasi bermain musik. Daerah Sigi berkomitmen mengembangkan musik dan seni daerah.

REPUBLIKA.CO.ID, SIGI -- Dewan Pengurus Cabang (DPC) Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) Kabupaten Sigi bertekad mengembangkan ekosistem musik dan seni, yang salah satu tujuannya untuk meningkatkan daya saing daerah setempat.

"Kami akan berjuang agar PAPPRI bermanfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia khususnya Kabupaten Sigi menyangkut ekosistem musik dan seni," ucap Ketua DPC PAPPRI Kabupaten SigiYudhi Nugrahadi Sigi, Sulawesi Tengah, Sabtu (11/3).

Baca Juga

Ia dipercayakan untuk memimpin DPC PAPPRI Kabupaten Sigi Periode 2023 - 2028. Ia bersama puluhan pengurusdilantik oleh Ketua DPD PAPPRI Provinsi Sulawesi Tengah Umaryadi Tangkilisandi Desa Kotapulu, Kecamatan Dolo, Sabtu (11/4) sore.

Dalam pelantikan dan pengukuhan tersebut, Umaryadi Tangkilisan mengamanahkan kepada Ketua DPC PAPPI Sigi untuk mengibarkan pataka dan menjaga kehormatan serta kewibawaannya organisasi.

Adi Tangkilisan--sapaan akrab Umaryadi Tangkilisan-- menekankan kepada Yudhi Nugraha dan jajarannya agar melaksanakan kegiatan yang bermuatan edukasi, mengasah dan prestasi, serta kegiatan yang bermanfaat bagi anggota, masyarakat serta berdampak pada tumbuhnya ekosistem musik dan seni Kabupaten Sigi.

Amanah yang disampaikan oleh Adi Tangkilisan disambut baik oleh pengurus PAPPRI Sigi.

"Kami siap melaksanakan dan akan mengibarkan bendera pataka PAPPRI di Sigi serta menjaga kehormatan dan kewibawaannya," kata Yudhi.

Sebagai organisasi profesi tempat berkecimpung para artis, penyanyi pencipta lagu dan pemusik, PAPPRI Sigi, sebut dia, ke depan akan berupaya merangkul para pegiat musik dan seni untuk mengembangkan karya.

Dalam konteks ini, ujarnya, soliditas dan kebersamaan pengurus dalam menyusun dan menjalankan program kerja menjadi kunci mengembangkan peran PAPPRI.

Berkaitan dengan itu, Adi Tangkilisan mengatakan kepada para para artis, penyanyi, pencipta lagu dan pemusik yang tergabung dalam PAPPRI Sigi agar menggunakan PAPPRI untuk mengembangkan jaringan organisasi, yang berdampak pada tumbuhnya industri seni dan musik.

"Dibutuhkan kesadaran bersama membangun ekosistem yaitu, menghargai dan menjunjung tinggi serta membangun sinergi dengan kawan yang berprofesi lain," ungkap dia.

"Mari kita bangun ekosistem, saling memberi ruang dan saling menghidupi sesuai dengan tagline setara, mandiri dan mendunia," demikian Adi Tangkilisan.

Pemerintah Kabupaten Sigi mengapresiasi terbentuknya pengurus PAPPRI Sigi periode 2023 - 2028.

Bupati Sigi dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Dinas Pariwisata Ma'mun Maragau berharap PAPPRI Sigi dapat mendorong dan meningkatkan kompetensi para pegiat musik dan seni di Kabupaten Sigi.

"Serta mendorong sertifikasi kompetensi di bidang musik, seni dan penyanyi, sekaligus memperjuangkan karya para pemusik," sebutnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement