Jumat 03 Mar 2023 19:38 WIB

Kasus WC Meledak di Jaktim, Polisi Temukan Penyebab Sebenarnya

Ledakan WC mengakibatkan Eli (57) mengalami 50 persen luka bakar di tubuhnya.

Ledakan dari WC (ilustrasi). Polisi menemukan penyebab ledakan WC yang terjadi di rumah seorang warga di Duren Sawit, Jakarta Timur.
Ledakan dari WC (ilustrasi). Polisi menemukan penyebab ledakan WC yang terjadi di rumah seorang warga di Duren Sawit, Jakarta Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakapolres Metro Jakarta Timur AKBP Ahmad Fanani Prasetyo menyebut ledakan kloset (WC) di rumah warga Kampung Sumur, Kelurahan Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat, terjadi karena tidak adanya sirkulasi udara pada tangki septik. Berdasarkan hasil pengecekan di TKP, sumber ledakan berasal dari kloset kamar mandi yang diduga adanya indikasi luapan gas (metana) dari tangki septik.

"Tidak ada pembuangan atau sirkulasi udara," kataFanani dalam keterangannya, di Jakarta, Jumat (3/3/2023).

Baca Juga

Ledakan kloset itu mengakibatkan seorang wanita paruh baya bernama Eli (57) mengalami luka bakar hingga 50 persen. Menurut dia, tangki septik itu digunakan untuk tiga rumah kontrakan yang bersebelahan dengan rumah korban.

"Satu 'septic tank' digunakan tiga petak kontrakan," kata Fanani.

 

Selain itu, kata dia, berdasarkan keterangan saksi di lokasi, korban Eli diketahui tengah menyalakan pemantik kompor di dapur sebelum toilet tersebut meledak. "Saksi mendapat keterangan dari korban bahwa ledakan terjadi pada saat korban menyalakan pemantik kompor dan tiba tiba terjadi ledakan dari kloset kamar mandi," ujarnya.

Suami korban, Kusdoyo (57) mengaku sudah membawa istrinya ke Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Duren Sawit untuk menjalani perawatan karena luka bakar yang dialami. Dia mengatakan, istrinya mengalami luka bakar pada bagian kaki, tangan, dan badan, sehingga harus dilarikan ke rumah sakit.

"Luka bakar sekitar 50 persen," ujarnya.

Imbas ledakan tersebut, kloset jongkok kamar mandi rumahnya terangkat dari lantai dasar, sejumlah bagian plafon mengalami kerusakan, dan lantai kamar mandi retak ringan. "Seperti bom saja, (suara) dum begitu. Kerusakan plafon, lantai," ujarnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement