Jumat 03 Mar 2023 17:43 WIB

WC di Rumahnya Meledak, Wanita Paruh Baya Alami Luka Bakar di Sebagian Tubuh

Ketika Eli hendak buang air besar, WC di rumahnya meledak dan mengeluarkan api.

WC meledak. (ilustrasi). Seorang wanita paruh baya, Eli (57), warga Kampung Sumur RT 10/RW 10, Kelurahan Klender, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur mengalami luka bakar pada sebagian tubuhnya.
Foto: en.trend.az
WC meledak. (ilustrasi). Seorang wanita paruh baya, Eli (57), warga Kampung Sumur RT 10/RW 10, Kelurahan Klender, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur mengalami luka bakar pada sebagian tubuhnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang wanita paruh baya, Eli (57), warga Kampung Sumur, Kelurahan Klender, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur mengalami luka bakar pada sebagian tubuhnya. Eli terkena ledakan kloset di kamar mandi rumahnya, Jumat (3/3/2023).

"Akibatnya, istri saya harus menjalani perawatan di RSKD Duren Sawit," kata suami korban, Kusdoyo (57) di Jakarta.

Baca Juga

Dia mengatakan, istrinya mengalami luka bakar di bagian kaki, tangan dan badan, sehingga harus dilarikan ke rumah sakit. "Luka bakar di tangan, badan, sekitar 50 persen," ujarnya.

Dia mengaku kaget dengan ledakan kloset (WC) itu karena hari sebelumnya tidak pernah terlihat sesuatu indikasi yang memperkirakan kloset miliknya akan meledak. "Tidak tahu penyebabnya, tiba-tiba istri saat di kamar mandi hendak buang air besar, tiba-tiba kloset meledak dan ada api, tidak tahu itu bisa seperti itu," kata Kusdoyo.

 

Imbas ledakan tersebut, kloset jongkok kamar mandi rumahnya terangkat dari lantai dasar, sejumlah bagian plafon mengalami kerusakan dan lantai kamar mandi retak ringan.

"Seperti bom saja, (suara) dum begitu. Kerusakan plafon, lantai," ujarnya.

Warga sekitar yang menolong EIi saat kejadian pun menuturkan suara ledakan tangki septik terbilang kencang karena terdengar hingga radius sekitar 50 meter dari lokasi kejadian. Ketua RW 10 Kelurahan Klender, Munzir, menyebut warga di sekitar lokasi juga sempat merasakan getaran ketika tangki septikitu meledak dan sempat menimbulkan penyalaan api.

"Suara ledakan lumayan, radius sekitar 50 meter. Seperti ban pecah, getaran ada, genteng juga sempat terlontar," ujarnya.

Belum diketahui pasti penyebab kejadian, namun berdasar hasil pemeriksaan awal jajaran Damkar Jakarta Timur diduga ledakan tersebut akibat masalah pembuangan gas tangki septik.

"Dugaan sementara, ledakan tersebut bersumber dari saluran gas aliran kloset yang tidak bagus," kata Kepala Seksi Operasional Sudin Gulkarmat Jakarta Timur Gatot Sulaeman.

Saat mendapatkan informasi itu, pihaknya menerjunkan satu unit kendaraan penolong beserta tiga personel untuk melakukan penanganan. "Waktu petugas datang sudah tidak ada penyalaan api dan situasi dipastikan aman," ujarnya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement