Kamis 02 Mar 2023 06:05 WIB

Pengendara Terjebak Macet 22 Jam di Jambi, Bawa Ikan Ratusan Kilogram Hampir Mati Semua

Penyebab kemacetan ini adalah padatnya truk batu bara hingga 11.500 unit.

Rep: Antara/ Red: Qommarria Rostanti
Kemacetan lalu lintas di kawasan jalan Tembesi-Sarolangun, Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi, semakin parah pada Rabu (2/3/2023). (ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan
Kemacetan lalu lintas di kawasan jalan Tembesi-Sarolangun, Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi, semakin parah pada Rabu (2/3/2023). (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kemacetan lalu lintas di kawasan jalan Tembesi-Sarolangun, Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi, semakin parah pada Rabu (1/3/2023). Kemacetan akibat padatnya truk angkutan batu bara yang terjadi pada hari itu berlangsung hingga 15 kilometer.

Kemacetan terjadi dari Kabupaten Batanghari menuju Kabupaten Sarolangun yang menjadi keberadaan eksplorasi penambangan batu bara. Salah seorang pengendara yang mengalami kemacetan tersebut, Hidayat (28) mengatakan, dirinya terjebak kemacetan selama berkisar 22 jam lamanya.

Baca Juga

Kemacetan ini terjadi di empat jalur. Selain truk batubara, banyak juga mobil pribadi, mobil yang bawa ikan dan sayur serta lainnya yang tidak bisa melewati di jalan nasional itu.

Pedagang ikan, Doni, mengatakan ratusan kilogram ikan yang diangkutannya kini banyak yang mati sehingga mengalami kerugian akibat peristiwa ini. "Kalau ini bukan lagi macet, tetapi tidak bergerak sama sekali. Ikan-ikan yang saya bawa banyak yang sudah mati," kata Doni.

Kapolres Batanghari AKBP Bambang Purwanto mengatakan, pihaknya sudah mengerahkan puluhan personel untuk mengurai kemacetan. Untuk mengurai kemacetan, personel Polres Batanghari juga berjaga di mulut tambang agar tidak ada truk angkutan batu bara yang ke luar sebelum jam operasional.

"Kami telah melakukan penanganan dengan menerjunkan anggota di lapangan, hingga saat ini anggota masih di lapangan. Kalau kemarin banyak kendala, kalau sekarang sudah berkurang," kata Kapolres Batanghari AKBP Bambang Purwanto, di Muara Bulian.

Ia juga menyebutkan, salah satu penyebab kemacetan lalu lintas ini adalah padatnya truk angkutan batu bara di Jambi yang mencapai sekitar 8.300 hingga 11.500 unit. Truk ini melewati jalan nasional di Jambi karena belum tersedianya jalur khusus untuk angkutan batu bara tersebut.

Kemudian, tidak hanya padatnya truk angkutan batu bara, kemacetan ini juga terjadi karena kondisi sekitar jalan yang memburuk akibat hujan lebat. "Apalagi kemarin curah hujan yang tinggi. Ditambah lagi truk ini tidak berani parkir di kantong parkir dikarenakan takut terperosok," ujarnya.

Kasat Lantas Polres Batanghari AKP Sudiharson mengatakan sedikit-sedikit kendaraan sudah bisa berjalan. Personel Polres Batanghari masih berjaga di setiap titik kemacetan agar bisa mengatur kendaraan dan mengurangi kemacetan.

"Ya anggota kami masih berjaga setiap malamnya, supaya tidak terjadi kemacetan yang semakin parah," katanya.

Akibat kemacetan lalu lintas panjang selama dua hari di Kabupaten Batang Hari itu membuat Gubernur Jambi Al Haris menghentikan sementara aktivitas di mulut tambang batu bara. Al Haris dalam keterangan resminya mengatakan telah mengambil langkah untuk kembali mengurai kemacetan di ruas jalan milik nasional agar bisa kembali normal dengan menyetop aktivitas angkutan batu bara hingga waktu yang belum ditentukan.

"Pemegang IUP atau pengusaha tambang untuk sementara waktu tidak mengadakan angkutan dari mulut tambang sampai ke jalan atau ke ruas jalan nasional itu, untuk tidak menambah kemacetan yang terjadi," kata Al Haris.

Selama tidak adanya aktivitas angkutan batu bara, Haris mantan Bupati Merangin itu sudah menginstruksikan Dinas PUPR Provinsi Jambi dan balai jalan untuk memperbaiki jalan yang rusak di ruas jalan tersebut. "Selama masa tidak ada angkutan kami sudah memerintahkan Dinas PU dan balai jalan untuk menutupi lubang jalan yang rusak," katanya.

Baca juga : Meski Vegan, Produk Mi Beras Instan Rasa Kaldu Tulang Babi tak Bisa Tersertifikasi Halal

Terkait kemacetan parah yang terjadi sejak Senin lalu, Gubernur Jambi menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Jambi. "Saya minta semua pihak memahami termasuk juga saya mohon maaf kepada seluruh masyarakat Jambi, walau tidak sepenuhnya wewenang gubernur, karena izin batu bara bukan gubernur yang mengeluarkan, termasuk jalan nasional tidak ada kewenangan menutupjalan tersebut," kata Al Haris.

Dia minta izin untuk menyelesaikan kemacetan horor tersebut dalam beberapa hari ke depan. Pihaknya akan menangani ruas-ruas jalan yang berlubang dan rusak.

"Mudah-mudahan nanti lancar semua dan masyarakat lancar aktivitas, menjelang selesainya jalan khusus yang dalam proses pembangunan. Saya tahu warga hari ini membenci saya, menghujat saya itu semua risiko saya, ini tanggung jawab saya sebagai pemimpin," kata Al Haris.

Baca juga : Jamaah Umroh yang Bersepeda dari Jerman Wafat Saat Tiba di Makkah

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement