Kamis 02 Mar 2023 00:33 WIB

Wamen: F1 Powerboat di Danau Toba Pacu Ekonomi Rakyat

Wamen Parekraf Angela sebut ajang F1 Powerboat di Danau Toba memacu ekonomi rakyat.

Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 (F1H20) PowerBoat Danau Toba, digelar di Balige, Sumatra Utara pada 24-26 Februari 2023. Wamen Parekraf Angela sebut ajang F1 Powerboat di Danau Toba memacu ekonomi rakyat.
Foto: Istimewa
Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 (F1H20) PowerBoat Danau Toba, digelar di Balige, Sumatra Utara pada 24-26 Februari 2023. Wamen Parekraf Angela sebut ajang F1 Powerboat di Danau Toba memacu ekonomi rakyat.

REPUBLIKA.CO.ID, BALIGE -- Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf/Wakabaparekraf) Angela Tanoesoedibjo mengatakan Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 (F1H20) PowerBoat Danau Toba, sukses digelar di Balige, Sumatra Utara pada 24-26 Februari 2023, dan terbukti mampu memberikan multiplier effect bagi masyarakat sekitar.

“F1H2O yang pertama telah terselenggarakan, acara ini membawa nama Danau Toba semakin dikenal dunia,” ujar Angela dalam rilisnya, Rabu (1/3/2023).

Baca Juga

Kesuksesan event internasional ini diyakini memberikan dampak multiplier effect bukan hanya dari sisi nama Danau Toba yang semakin dikenal dunia, juga bagi perekonomian masyarakat di sekitar Danau Toba yang telah ditetapkan pemerintah sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas.

F1 PowerBoat sendiri dinikmati 180 juta pasang mata melalui berbagai media termasuk sosial media, broadcasting, dan sebagainya. Melalui ajang balap perahu motor paling bergengsi di dunia itu, Danau Toba diharapkan menjadi perbincangan di dunia internasional.

Saat open ceremony berlangsung beragam adat dan budaya dipertontonkan. Mulai dari tarian tor-tor lengkap dengan ulos yang dibawakan oleh siswa-siswi di sekitar Kota Balige. Selain itu ada pula Si Gale-Gale yang ikut tampil di depan Presiden Joko Widodo beserta para menteri Kabinet Indonesia Maju.

Atraksi dari Jupiter Aerobatic Tim turut memeriahkan langit di Kota Balige siang itu. Setelahnya ada juga artis Ibukota berdarah Batak Lea Simanjuntak yang menghibur tamu dan wisatawan di tribun utama dengan suara emasnya.

“Saya yakin event ini hanya permulaan dari beragam event besar lainnya di Danau Toba. Yang akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal dan membangkitkan UMKM lokal dengan produk-produk kreatifnya,” kata Angela yang merupakan anggota Kabinet Indonesia Maju termuda ini.

Danau Toba menyimpan potensi yang luar biasa dengan keindahan alam yang bisa dinikmati wisatawan seperti, pegunungan, sempadan/pantai, hingga wisata kuliner yang beragam. Oleh karena itu, Danau Toba menjadi salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas di Indonesia.

“Kami juga berharap dengan suksesnya event ini semakin banyak wisatawan yang datang. Serta akan mampu meningkatkan pembangunan dan investasi,” kata Angela yang juga Wakil Ketua Umum DPP Partai Perindo Bidang Ekonomi Digital & Kreatif ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement