Selasa 28 Feb 2023 17:09 WIB

Guru Ngaji Pelaku Cabul Tiga Santriwati Anak Akhirnya Ditahan

Guru ngaji yang mencabuli tiga santriwati anak di Malang akhirnya ditahan.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Bilal Ramadhan
Pelaku cabul ditangkap (ilustrasi). Guru ngaji yang mencabuli tiga santriwati anak di Malang akhirnya ditahan.
Pelaku cabul ditangkap (ilustrasi). Guru ngaji yang mencabuli tiga santriwati anak di Malang akhirnya ditahan.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Oknum guru ngaji berinisial MN (55 tahun) akhirnya ditahan aparat kepolisian Satreskrim Polres Malang, Polda Jawa Timur (Jatim). Hal ini karena pelaku diduga telah mencabuli tiga santriwatinya.

Kasi Humas Polres Malang, IPTU Ahmad Taufik mengatakan, tiga santriwati tersebut mengaji di sebuah TPQ wilayah Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Lembaga tersebut termasuk tempat pelaku mengajar santri-santrinya.

Baca Juga

Adapun proses penahanan tersebut dilakukan sesuai hasil gelar perkara penetapan tersangka yang telah dilakukan penyidik pada Senin (27/2/2023). Pria disapa Taufik ini mengatakan, penahanan dilakukan untuk mempermudah proses penyidikan.

"Selain dirasa cukup bukti, penyidik khawatir pelaku melarikan diri atau mempersulit selama dalam proses penyidikan," kata Taufik saat dikonfirmasi, Selasa (28/2/2023).

Penahanan akan dilakukan selama 20 hari dan bisa diperpanjang lagi 20 hari. Hal ini dilaksanakan hingga berkas acara penyidikan dinyatakan lengkap (P-21) untuk dilakukan pelimpahan perkara ke kejaksaan. Untuk diketahui, saat ini pihaknya masih fokus untuk melakukan pemberkasan setelah sebelumnya menuntaskan seluruh pemeriksaan. 

Sebelumnya, MN dilaporkan keluarga korban karena diduga melakukan pencabulan terhadap tiga anak perempuan. Para korban tercatat berusia antara sembilan hingga 10 tahun.

Aksi pelaku terungkap setelah salah satu korban bercerita kepada orang tuanya. Korban mengaku ingin pindah tempat mengaji karena takut terhadap MN. 

Berdasarkan keterangan korban, MN kerap meraba-raba area dada korban pada saat mengaji. Tersangka juga pernah menggesek-gesekkan kemaluannya di bagian sensitif korban. Tindakan ini membuat korban takut dan trauma.

Sementara itu, berdasarkan pemeriksaan penyidik, tersangka MN mengakui semua perbuatannya. Korban memang diperdaya dengan disuruh membersihkan TPQ untuk kemudian dibaringkan di atas karpet lalu diraba-raba oleh tersangka.

Usai melakukan perbuatan itu, MN memberi korban uang Rp10 ribu sambil berpesan agar tidak mengadu kepada orang tuanya. Perbuatan itu dilakukan berulangkali kepada ketiga korban di TPQ dengan rentang waktu yang berbeda-beda.

"Yakni sejak tahun 2021 hingga awal tahun 2023," ucapnya.

Adapun modus yang digunakan tersangka yaitu dengan memperdaya korban. Hal ini dapat terjadi karena korban tidak berani melawan terduga. Terduga sendiri merupakan guru ngaji di TPQ tempat korban mengaji.

Akibat kejadian ini, pelaku pun ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di rumah tahan Polres Malang. Tersangka diancam dengan Pasal 81 juncto Pasal 76D dan pasal  82 juncto pasal 76 E UU Nomor 35 tahun 2014 atas perubahan UU Nomor 23 Tahun  2002 tentang Perlindungan Anak. MN setidaknya mendapatkan ancaman maksimal 15 tahun penjara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement