Senin 27 Feb 2023 17:55 WIB

Bupati Bone Bolango Ajak Semua Camat dan Kades untuk Pelatihan Bimtek di Jakarta

ASN di pusat dan daerah diminta presiden agar punya core values sama.

Ilustrasi Pegawai Negeri Sipil (PNS) diminta terapkan core values berakhlak..
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Ilustrasi Pegawai Negeri Sipil (PNS) diminta terapkan core values berakhlak..

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bupati Bone Bolango Hamim Pou membawa Camat dan Kepala Desa se-Bone Bolango untuk mengikuti training Emotional Spiritual Quotient (ESQ) di Andalusia Hall Menara 165, Jakarta. Training ESQ dilaksanakan untuk memperkuat karakter dan akhlak terpuji bagi para Kepala Desa se-Bone Bolango dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Training ESQ ini juga guna membangun integritas, emosional, dan spiritual yang baik dalam menciptakan sumbe daya manusia yang berkualitas untuk membangun bangsa,” ucap Hamim dalam sambutannya.

Baca Juga

Hamim dan para peserta bertekad melalui training ESQ, Bone Bolango bisa memberikan cahaya pembangunan terbaik di Provinsi Gorontalo.

"Kita datang dari tempat yang jauh berharap dapat oleh-oleh yang bisa dibawa pulang. Pak Ary Ginanjar (pendiri ESQ) akan membekali kita semua dengan kombinasi tiga, kecerdasan yaitu intelektual, emosional, spiritual. Ketiganya akan kami terapkan di lingkup Bone Bolango khususnya," kata Hamim.

Dalam training yang berlangsung dua hari itu, Founder ESQ Grup Ary Ginanjar Agustian memberikan penguatan dan motivasi kepada seluruh peserta. Para peserta pun menerima dengan baik dan gembira penguatan yang diberikan tersebut.

"Yang anda perlukan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh adalah keputusan bahwa anda akan membawa Pemkab Bone Bolango menjadi yang terbaik. Untuk itu, dari segi mindset dan perilaku harus ditingkatkan lagi nilai positifnya," kata Ary Ginanjar. “

"Presiden Jokowi sudah mencanangkan Ber AKHLAK sebagai core values ASN se Indonesia, training ESQ ini akan membantu terinternalisasi core values BerAKHLAK tersebut," ujar Ary menambahkan. 

Namun itu saja tidak cukup, lanjut Ary, para peserta yang merupakan pelayan masyarakat itu harus punya semangat atau spirit yang membara.

"Kekuatan yang akan dibawa oleh Bone Bolango adalah ESQ 165. Sehingga akan menyebar di Gorontalo, Sulawesi, dan lain lain energinya," kata dia.

Di tengah kegiatan pun telah berlangsung penandatanganan kerjasama (MoU) antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bone Bolango dengan ESQ Business School.

Hal itu sebagai bukti nyata keterikatan (engagement) antara ESQ dengan Pemkab Bone Bolango serta Dinas Pendidikan & Kebudayaan Kabupaten Bone Bolango.

Penandatanganan dilakukan oleh Sujoko Winanto selaku Ketua ESQ Business School serta Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Pemkab Bone Bolango Andriean Andjar. Kerjasama tersebut disaksikan langsung oleh Bupati Bone Bolango dan Pendiri Menara 165.

Sebelumnya, Core Values "BerAKHLAK" dan Employer Branding Aparatur Sipil Negara (ASN) "Bangga Melayani Bangsa" resmi diluncurkan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Peluncuran Core Values ini bertujuan untuk menyeragamkan nilai-nilai dasar (core values) bagi seluruh ASN di Indonesia sehingga dapat menjadi fondasi budaya kerja ASN yang profesional. Core values BerAKHLAK yang dimaksud merupakan singkatan dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. 

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa setiap ASN di manapun bertugas seharusnya memegang teguh nilai-nilai dasar serta semboyan yang sama. Seluruh ASN dari berbagai latar belakang profesi, seperti dosen, guru, jaksa, dokter, perawat, analis kebijakan, administrator, maupun petugas Satpol PP harus mempunyai nilai dasar dan proposisi nilai rujukan yang sama.

“ASN yang bertugas sebagai pegawai pusat maupun pegawai daerah harus mempunyai core values yang sama,” ujar Presiden Jokowi seperti dilansir dari Antara

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement