Sabtu 25 Feb 2023 08:35 WIB
Setahun Perang Rusia-Ukraina

Fase IV dan V: Campur Tangan NATO, Perluasan UE dan Serangan Balik Ukraina

Untuk mencegah kekuatan militer Rusia terus menguat, sejumlah sanksi pun diberikan

Rep: Amri Amrullah/ Red: Esthi Maharani
 Gambar diam yang diambil dari video selebaran yang disediakan oleh layanan pers Kementerian Pertahanan Rusia pada 24 November 2022 menunjukkan sistem peluncuran roket ganda
Foto: EPA-EFE/RUSSIAN DEFENCE MINISTRY PRESS SERVIC
Gambar diam yang diambil dari video selebaran yang disediakan oleh layanan pers Kementerian Pertahanan Rusia pada 24 November 2022 menunjukkan sistem peluncuran roket ganda

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID -- Untuk mencegah kekuatan militer Rusia terus menguat, Komisi Eropa meluncurkan sanksi putaran keenam, termasuk larangan impor lengkap pada semua minyak Rusia, lintas laut dan pipa, minyak mentah dan olahan, efektif pada akhir tahun.

5 Mei

Panglima Tertinggi Ukraina Valerii Zaluzhnyi mengatakan pasukan Ukraina sedang melakukan transisi ke operasi kontra-ofensif di sekitar kota timur Kharkiv dan Izyum, pernyataan langsung pertama militer Ukraina tentang peralihan ke operasi ofensif.

11 Mei

Ukraina untuk pertama kalinya membatasi gas Rusia yang melewati wilayahnya ke Eropa, memotong seperempat aliran gas melalui salah satu dari dua jalur pipa utama.

12 Mei

Finlandia mengumumkan akan mendaftar dan menjadi keanggotaan NATO. UNHCR mengatakan jumlah pengungsi Ukraina telah melewati angka enam juta jiwa

15 Mei

Swedia juga mengumumkan akan mengajukan keanggotaan NATO, mengakhiri dua abad netralitas negara ini.

16 Mei

Kementerian pertahanan Ukraina mengatakan pasukannya telah maju ke perbatasan Rusia 40km (24,9 mil) utara Kharkiv, dan upaya pertahanan Rusia berfokus pada pencegahan serangan terhadap Belgorod di Rusia.

17 Mei

Militer Ukraina mengumumkan berakhirnya perlawanan Azovstal di Mariupol.

18 Mei

Komisi Eropa mengumumkan rencana 220 miliar euro (219 miliar dolar AS) untuk membuang semua bahan bakar fosil Rusia selama lima tahun.

19 Mei

Kongres AS menyetujui paket bantuan 40 miliar dolar AS untuk Ukraina, jauh lebih banyak dari 33 miliar dolar AS, yang awalnya diminta Biden, sekitar setengahnya ditujukan untuk bantuan dan perlengkapan militer.

21 Mei

Pertempuran kota Severdonetsk di provinsi Luhansk timur dimulai.

Kementerian pertahanan Rusia mengumumkan memiliki kendali penuh atas Mariupol, menyusul evakuasi 1.908 pembela pabrik Azovstal di sana, sebulan setelah Putin mengumumkan kemenangan atas kota itu.

25 Mei

Eduard Basurin, wakil kepala milisi Republik Rakyat Donetsk yang didukung Rusia, mengatakan bahwa Rusia untuk sementara mengabaikan strategi mengepung semua pasukan Ukraina di timur dengan gerakan menjepit skala besar, alih-alih berfokus pada isolasi sedikit demi sedikit. Pasukan Rusia juga mulai membangun garis pertahanan sekunder di Kherson dan Zaporizhia, mengantisipasi serangan balik Ukraina.

27 Mei

Pasukan Rusia maju ke Severdonetsk dari tiga arah berbeda dan memulai serangan langsung ke bagian kota yang dibangun di utara, mengambil kendali hotel Mir.

28 Mei

Ukraina meluncurkan serangan balasan di Kherson, dilaporkan membawa pasukan Rusia ke posisi pertahanan yang “tidak menguntungkan” dan menimbulkan kerugian besar.

30 Mei

Setelah ragu-ragu, Biden memutuskan untuk mengirim "sistem roket yang lebih canggih" ke Ukraina untuk memungkinkan serangan artileri yang lebih presisi. AS akan mengirimkan GMLRS dan Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) dengan roket jarak 80 km (49,7 mil).

31 Mei

Pasukan Rusia menduduki pusat Severdonetsk saat pasukan Ukraina mundur secara taktis, tetapi pertempuran terus berlanjut.

Di selatan, pasukan Ukraina melakukan serangan balasan ke arah Kherson, mendorong pasukan Rusia ke timur sungai Inhulets.

Uni Eropa melarang produk minyak dan minyak bumi Rusia, menyusul keputusan tentang paket sanksi keenam terhadap Rusia.

2 Juni

Kepala administrasi militer oblast Kherson Hennadiy Lahuta melaporkan bahwa serangan balasan Ukraina telah membebaskan 20 desa.

6 Juni

Inggris mengumumkan akan mengirim sistem roket peluncuran ganda M270 dengan jangkauan 80 km (49,7 mil) ke Ukraina.

9 Juni

Putin menyamakan penaklukannya atas Ukraina dengan penaklukan Peter Agung atas apa yang sekarang menjadi Rusia barat laut dalam perang melawan Swedia pada 1700-1721.

13 Juni

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg tampaknya menyarankan bahwa Ukraina harus menerima hilangnya kedaulatan atau wilayah sebagai imbalan atas perdamaian, selama konferensi pers di Finlandia.

15 Juni

Rusia memotong pengiriman gas ke Eropa melalui pipa Nord Stream 1 menjadi 40 persen dari kapasitas.

22 Juni

Ukraina mengatakan telah merebut kembali 1.026 permukiman dari kendali Rusia.

24 Juni

Meski masih terjadi pertempuran barisan belakang, gubernur Luhansk Serhiy Haidai mengatakan Severodonetsk akan ditinggalkan.

UE secara resmi mengundang Ukraina dan Moldova menjadi negara kandidat untuk keanggotaan UE.

27 Juni

Rudal Rusia menargetkan pusat perbelanjaan di Kremenchuk, Ukraina tengah, menewaskan sedikitnya 18 orang.

Rusia gagal membayar utang negaranya untuk pertama kalinya sejak Revolusi Bolshevik pada tahun 1917, karena masa tenggang 30 hari atas pembayaran bunga 100 juta dolar AS telah berakhir.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan aliansi itu akan meningkatkan Pasukan Kesiapan (NRF) dari 40.000 menjadi 300.000.

29 Juni

NATO secara resmi mengundang Finlandia dan Swedia untuk menjadi anggota aliansi, setelah Turki mencabut hak vetonya.

30 Juni

Setelah dihantam rudal Ukraina, pasukan Rusia mundur dari Pulau Ular di Laut Hitam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement