Sabtu 25 Feb 2023 10:35 WIB
Setahun Perang Rusia-Ukraina

Fase VII: Perang Tank dan Amunisi tapi Tanpa Bantuan Jet Tempur

Ukraina terus berupaya mendapatkan pasokan senjata tambahan

Rep: Amri Amrullah/ Red: Esthi Maharani
Tentara Ukraina Vitaliy dan Anatoly (kiri) dan seorang penerjemah menjawab pertanyaan media di depan kendaraan tempur infanteri Marder di area pelatihan pasukan Jerman Bundeswehr di Munster, Jerman, Senin, 20 Februari 2023. Kunjungan Menteri Pertahanan Jerman Boris Pistorius pelatihan tentara Ukraina di tank tempur utama Leopard dan kendaraan tempur infanteri Marder di area pelatihan.
Foto: AP Photo/Gregor Fischer
Tentara Ukraina Vitaliy dan Anatoly (kiri) dan seorang penerjemah menjawab pertanyaan media di depan kendaraan tempur infanteri Marder di area pelatihan pasukan Jerman Bundeswehr di Munster, Jerman, Senin, 20 Februari 2023. Kunjungan Menteri Pertahanan Jerman Boris Pistorius pelatihan tentara Ukraina di tank tempur utama Leopard dan kendaraan tempur infanteri Marder di area pelatihan.

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID -- Rusia terus memobilisasi kekuatan setelah kekalahan pasukannya di beberapa titik yang sebelumnya telah dikuasai. Perang tank dan drone telah membuat pasukan Ukraina kewalahan untuk mempertahankan wilayah yang telah direbut. Untuk itu, Ukraina terus berupaya mendapatkan pasokan senjata tambahan dari Barat dan Amerika Serikat (AS).

Negara Uni Eropa bersama AS dengan NATO bersedia menambah persenjataan ke Ukraina termasuk tank tempur leopard. Hal ini ditandai dengan kunjungan Zelenskiy ke Washington, namun permintaan Ukraina akan jet tempur F-16 dari NATO dan AS belum mendapat persetujuan.

16 Desember

Negara-negara anggota Uni Eropa mencapai kesepakatan tentang paket sanksi sembilan terhadap Rusia atas invasinya ke Ukraina, menargetkan akses Moskow ke drone, bank tambahan, serta pejabat yang diduga bertanggung jawab atas dugaan penculikan ribuan anak Ukraina.

19 Desember

Negara-negara Eropa mencapai kesepakatan untuk membatasi harga gas alam Rusia secara masif.

22 Desember

Dalam kunjungan ke Washington, Zelenskiy mendesak Kongres AS untuk pengadaan tank, pesawat, kemampuan pertahanan udara, dan lebih banyak uang untuk membantu mengusir invasi Rusia. Pemerintahan Biden mengumumkan 1,85 miliar dolar AS bantuan militer tambahan ke Ukraina, termasuk baterai rudal Patriot.

2 Januari 2023

Serangan Ukraina terhadap fasilitas militer Rusia di kota timur Makiyivka yang dikuasai Rusia, telah menewaskan 89 tentara yang ditempatkan di sana, kata Kementerian Pertahanan Rusia, menjadikannya salah satu kerugian paling mematikan yang diakui oleh Moskow.

5 Januari

AS mengatakan akan memberi Ukraina sejumlah Kendaraan Tempur Bradley sementara Jerman mengirim kendaraan Marder. Jerman juga akan memberi Ukraina baterai Patriot tambahan.

11 Januari

Pemerintahan Putin menunjuk Valery Gerasimov, Kepala Staf Umum Rusia, sebagai kepala pasukan gabungan.

13 Januari

Rusia mengklaim pasukannya merebut Soledar, kota tambang garam yang memiliki nilai strategis terbatas tetapi telah menjadi tempat pertempuran sengit dan mematikan selama berminggu-minggu, kemenangan langka setelah berbulan-bulan mengalami kemunduran.

14 Januari

Inggris mengumumkan akan mengirim tank tempur Challenger 2 ke Ukraina, menjadi anggota NATO pertama yang setuju untuk menyediakan senjata lapis baja paling modern dari aliansi tersebut.

15 Januari

Serangan misil Rusia di gedung apartemen berlantai sembilan di kota Dnipro, Ukraina timur, menewaskan sedikitnya 36 orang dan melukai 75 orang, kata para pejabat.

24 Januari

Zelenskiy memecat setidaknya 10 pejabat dalam perombakan pemerintah menyusul protes atas dugaan korupsi dan ekses oleh pegawai negeri di tengah upaya negara untuk melawan invasi Rusia. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengesampingkan

dukungan ke Swedia bergabung ke NATO, setelah insiden pembakaran kitab suci Alquran di Stockholm.

25 Januari

AS mengumumkan akan mengirim Kiev 31 tank tempur M1 Abrams miliknya, menambah komitmen Jerman untuk memasok beberapa tank top-line Leopard 2 A6 dan menanamkan Ukraina dengan kemampuan baru yang besar seperti yang terlihat untuk membongkar Rusia pasukan dari timur.

27 Januari

AS menetapkan Wagner Group Rusia sebagai organisasi kriminal transnasional.

8 Februari 2023

Perdana Menteri Rishi Sunak mengumumkan Inggris sedang mempertimbangkan pengiriman rudal jarak jauh dan masih mempertimbangkan akan mengirim jet tempur ke Ukraina, dan bila dilakukan akan mulai melatih pilot Ukraina pada musim semi. Dia berbicara hal itu saat Zelenskiy melakukan kunjungan mendadak ke London sebelum bertemu dengan para pemimpin Uni Eropa di Brussel.

20 Februari

Biden melakukan kunjungan mendadak ke Kyiv, yang pertama sebagai presiden, dan bertemu dengan Zelenskiy. Biden menyatakan “dukungan tak tergoyahkan” untuk menunjukkan solidaritas saat invasi Rusia mendekati batas satu tahun.

21 Februari

Sementara itu, Presiden Putin menyampaikan pidato kenegaraan tahunannya, jelang setahun invasi Perang Rusia-Ukraina dan memastikan akan meraih kemenangan di Ukraina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement